Follow Us

Kisah Mercy Langka Milik B.J. Habibie yang Ditemukan di Atas Pohon dan Sempat Dikira UFO

Ricky Nugraha - Kamis, 12 September 2019 | 13:30
Mercedes-Benz 300 SL Coupe milik Mercedes-Benz Museum, Jerman
Bimo Aribowo

Mercedes-Benz 300 SL Coupe milik Mercedes-Benz Museum, Jerman

HAI-online.com - Indonesia baru saja kehilangan salah satu sosok berpengaruh yang juga menjadi presiden ketiga Indonesia, yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih sering disapa B.J. Habibie.

Banyak kisah menarik yang bisa diambil semasa hidup tokoh kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 tersebut.

B.J. Habibie dikenal amat dekat dengan pesawat terbang, tapi beliau juga ternyata punya hobi di dunia otomotif.

Seperti dilansir Gridoto.com, Habibie punya sederet mobil antik dan langka. Salah satunya yang bisa dikatakan sudah sangat jarang ditemui adalah Mercedes-Benz 300 SL Coupe yang dijual dari tahun 1954 sampai 1957.

Baca Juga: Kisah Masa Muda B.J. Habibie yang Merupakan Sosok Penyendiri Namun Tetap Bisa Bergaul

Mobil ini diketahui sangat istimewa dan jadi incaran kolektor mobil antik dunia. Bentuknya yang aerodinamis dengan pintu yang dibuka ke atas seakan mendobrak teknologi di eranya. Bentuk pintu inilah yang membuat Mercedes-Benz 300 SL Coupe ini disebut Gullwing.Ada cerita unik saat Habibie mendapatkan Mercy Gullwing antik tersebut. Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, sempat menceritakan di sebuah kesempatan di Semarang.

“Mobil Gullwing ini didapat dari dalam hutan di Jambi. Mobilnya sudah jadi rongsokan dan tersangkut di atas pohon,” kata Rubi, sapaan Rubijanto, seperti ditulis Gridoto.com.

Rubi melanjutkan, tak ada yang tahu mengapa Gullwing ini ada di sana, apalagi bisa berada di atas pohon. Kabarnya, Mercy Gullwing tersebut milik keluarga kerajaan di Jambi dan sengaja disembunyikan di hutan pascakemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie Meninggal Dunia

Sempat ada yang mengira Mercy Gullwing ini merupakan pesawat UFO (unindentified flying object) dari luar angkasa. Maklum saja karena bentuknya unik dan futuristis, bahkan untuk ukuran mobil saat ini.

Singkat cerita, Gullwing ini kemudian ditemukan oleh sejumlah mahasiswa ITB yang sedang KKN di sana. Mobil akhirnya dibawa ke Bandung dan kabar ini sampai ke Habibie.

Source : Kompas.com, GridOto.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest