Follow Us

4 Pekerjaan yang Dianggap Remeh, tapi Berperan Besar dalam Kesuksesan Konferensi Asia-Afrika 1955

Bayu Galih Permana - Sabtu, 27 Juli 2019 | 17:15
Pekerjaan yang dianggap remeh dalam KTT Asia-Afrika 2019
Twitter/Potretlawas

Pekerjaan yang dianggap remeh dalam KTT Asia-Afrika 2019

HAI-Online.com - Pada 18 hingga 24 April 1955, Indonesia menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika bersama sejumlah negara yang baru saja memperoleh kemerdekaan seperti Sri Lanka (Ceylon), Myanmar (Burma), India, dan Pakistan di Gedung Merdeka, Bandung.

Bertujuan mempromosikan kerjasama ekonomi serta kebudayaan Asia-Afrika, dan juga melawan kolonialisme atau neokonoliasme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lain, KTT Asia-Afrika menghasilkan Dasasila Bandung.

Fyi aja nih sob, Dasasila Bandung sendiri berisi tentang pernyataan mengenai dukungan bagi kerukunan dan kerjasama dunia, di mana pada bagian dalamnya dimasukkan prinsip-prinsip Piagam PBB dan Nehru.

Selain Dasasila Bandung, KTT Asia-Afrika 1955 juga menjadi cikal bakal terbentuknya Gerakan Non-Blok pada tahun 1961.

Baca Juga: Young Lex Dianggap Ambil Lirik Firgiawan Ramaulana 'Seterahdeh' Tanpa Izin

Kesepakatan yang diraih dalam KTT Asia-Afrika 1955 tentu saja nggak lepas dari kecerdasan para petinggi masing-masing negara yang hadir dan menjadi wakil untuk melakukan perundingan.

Di sisi lain, ada juga sejumlah pekerjaan yang seringkali dianggap remeh banyak orang kala itu, tetapi turut berperan besar dalam kesuksesan KTT Asia-Afrika 1955, di antaranya:

1. Gadis Pengedar Lilin

2. Pengangkut Kertas Sidang

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest