Follow Us

5 Efek Buruk Terlalu Sering Marathon Film atau Serial TV di Screentime

Ricky Nugraha - Jumat, 23 Agustus 2019 | 08:57
Ilustrasi binge watching
Pixabay/mohamed_hassan

Ilustrasi binge watching

HAI-online.com - Kegiatan marathon nonton film atau serial tv akhir-akhir ini memang tengah populer. Aktivitas yang sering disebut binge watching ini jadi makin populer sejak adanya layanan streaming Netflix.

Meski mengasyikan, kegiatan ini juga bisa bikin orang kecanduan sampai-sampai bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatannya. Berikut beberapa efek negatif yang ditimbulkan oleh binge watching:

1. Perilaku buruk dan sifat antisosial

Jika binge watching muncul sejak masih anak-anak, hal ini dapat memengaruhi cara berinteraksi dengan orang lain. Mereka nantinya akan cenderung menunjukkan perilaku antisosial maupun gangguan kepribadian lainnya.

Pada orang dewasa, binge watching juga dapat memengaruhi hubungan sosialnya. Bila sudah ketagihan menonton, seseorang bisa saja nggak peduli pada orang-orang di sekitarnya, baik keluarga maupun teman.

Baca Juga: Dapat Petisi Karena Mau Awasi Netflix dan YouTube, Begini Respons KPI

2. Risiko kenaikan berat badan dan obesitas

Menonton serial televisi tentu akan semakin seru jika ditemani camilan. Terutama makanan ringan yang tinggi kalori, seperti popcorn bermentega atau keripik kentang.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan tetap duduk berjam-jam di depan televisi atau perangkat lainnya, jangan heran bila timbangan semakin bertambah.

Kalori akan terus bertambah tanpa bisa dikeluarkan dari tubuh dan menjadi tumpukan lemak. Inilah yang kemudian menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan risiko obesitas.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter Tanah Air yang Menjadi Pilihan Good Pitch Indonesia

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular