Follow Us

7 Peristiwa Pemadaman Listrik Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia

Ricky Nugraha - Senin, 05 Agustus 2019 | 17:00
Padamnya aliran listrik di Jakarta pada Minggu (4/8/2019)
Kompas Nasional

Padamnya aliran listrik di Jakarta pada Minggu (4/8/2019)

HAI-online.com - Aliran listrik dilaporkan mati di sejumlah wilayah di Pulau Jawa sejak sekitar pukul 12 siang pada Minggu (4/8/19) kemarin.

Peristiwa ini membuat banyak aktivitas masyarakat menjadi terhambat, dan membuat sejumlah jaringan seluler dan fasilitas umum terganggu.

Pemadaman listrik, atau yang dikenal dengan istilah blackout, berskala besar memang pernah terjadi di beberapa negara di dunia.

Kerugian yang ditimbulkan pun nggak main-main, dan berdampak sampai ratusan juta orang. Kejadian serupa ternyata juga pernah terjadi sebelumnya di Indonesia di tahun 2003.

Melansir dari Mental Floss, berikut 7 kasus pemadaman listrik terbesar di dunia dan penyebabnya:

Baca Juga: Bikin Heboh Netizen, PLN Beri Penjelasan Soal Padamnya Listrik di Wilayah Jawa

1. Amerika Serikat dan Kanada tahun 1965

Relai yang bermasalah di Stasiun Sir Adam Beck di sisi Ontario, Niagara Falls menyebabkan pemadaman listrik terbesar dalam sejarah AS.

Bermasalahnya saluran transmisi 230 kilovolt menciptakan efek domino yang mengakibatkan gelombang kekuatan yang membanjiri saluran transmisi dan membuat Kota New York dalam kegelapan pada puncak jam sibuk.

800.000 orang dilaporkan terjebak di kereta bawah tanah. Selain New York, kelebihan daya dan shutdown sistem otomatis mempengaruhi 30 juta orang di New Jersey, Connecticut, Massachusetts, Rhode Island, New Hampshire, Vermont, Quebec, dan Ontario.

15.000 petugas keamanan dipanggil untuk mencegah terjadinya penjarahan, meskipun ternyata relatif tenang dan damai. Sebagian besar listrik kembali pulih dalam waktu 13 jam.

Halaman Selanjutnya

2. Thailand tahun 1978
1 2 3 4

Source : Mental Floss

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular