Follow Us

Kunci Setang Motor ke Kanan Supaya Nggak Gampang Diambil Maling

Ricky Nugraha - Selasa, 16 Juli 2019 | 20:45
Setang sepeda motor yang dikunci ke arah kanan
Otomania/Donny Apriliananda

Setang sepeda motor yang dikunci ke arah kanan

HAI-online.com - Tindak kriminal pencurian tentu selalu jadi momok buat para pemilik kendaraan sepeda motor.

Pelaku kejahatan ini kerap mengambil kesempatan mengambil motor yang nggak dijaga hanya dalam waktu sekejap dengan berbekal kunci T.

Sebuah video singkat yang diunggah di akun Instagram @makassar_iinfo belakangan tengah viral. Video tersebut menampilkan seorang pencuri yang membeberkan bagaimana caranya beraksi dan apa yang membuatnya kesulitan.

Pelaku pencurian sepeda motor yang diwawancarai sembari menahan sakit akibat luka tembak itu menjelaskan motor yang paling banyak dicari kawanannya berjenis skutik. Kesulitan yang ia temui adalah jika sepeda motor tersebut dikunci setang ke arah kanan.

Baca Juga: Pakai Lampu Hazard Ada Etikanya, Ngasal Bisa Bikin Orang Lain Celaka

Hal tersebut ternyata senada dengan apa yang diungkapkan Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman.

Menurutnya, kesulitan yang ditemui pelaku kejahatan pada sepeda motor yang dikunci setang ke arah kanan karena kunci T nggak punya ruang yang cukup untuk digunakan.

"Sangat berpengaruh jika kunci setang menghadap ke kanan. Karena posisi maling saat membobol diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang gerak," kata Asep kepada Kompas.com.

Posisi setang ke kanan membuat lubang kunci menjadi sedikit tertutup. Ini berakibat pada lamanya waktu yang diperlukan pelaku kejahatan untuk beraksi dan soal waktu ini merupakan hal krusial bagi mereka untuk menghindari ketahuan oleh pemilik.

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Atasi Motor Goyang Ketika Dipakai Berkendara

Sayangnya, tips ini nggak berlaku untuk motor jenis sport atau motor "cowok". Ini karena posisi lubang kunci berada di bagian atas.

Pengamanan tambahan diperlukan pemilik sepeda motor yang meninggalkan motornya dalam waktu lama. Beberapa kunci tambahan yang bisa diberikan antara lain memasang gembok ke lubang cakram, memasang teknologi immobilizer, atau keyless.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Maling Kesulitan Bobol Motor yang Dikunci Setang ke Kanan."

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest