Follow Us

Gampang Kok, Begini Cara Atasi Motor Goyang Ketika Dipakai Berkendara

Bayu Galih Permana - Sabtu, 13 Juli 2019 | 18:32
Ilustrasi mengendarai motor
Motorplus

Ilustrasi mengendarai motor

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, hampir semua pengendara sepeda motor pasti pernah mengalami kondisi di mana kendaraan goyang ketika dipakai berkendara, terlebih saat berada di kecepatan tinggi atau tengah melakukan manuver.

Seperti yang dilansir HAI dari GridOto.com, kondisi tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada komponen kendaraan, salah satunya engine mounting mengingat piranti satu ini berfungsi sebagai penyambung mesin dengan rangka motor matic.

Menurut keterangan Slamet Kasianom yang merupakan Senior Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), masalah pada engine mounting selama ini menyebabkan mesin kendaraan bergetar hebat.

"Gejala yang paling bisa dirasakan saat engine mounting minta ganti itu mesin bergetar hebat. Ketika sedang bermanuver misalnya menikung, motor goyang atau enggak stabil" ujar Slamet menjelaskan.

Baca Juga: Bisa Bikin Orang Lain Celaka, Begini Etika Penggunaan Lampu Jauh Kendaraan yang Benar

Sementara itu, salah satu pekerja di Prima Shock Breaker, M. Ali menerangkan, kerusakan engine mounting motor juga menyebabkan bantingan sokbreker jadi nggak maksimal, dan terasa keras.

"Sudah pasti bantingan sokbreker jadi keras, sudah sering bikers yang ingin servis sokbreker, setelah dicek ternyata engine mountingnya sudah harus diganti," jelas Ali.

Maka dari itu, Ali pun menyarankan untuk mengganti engine mounting terlebih dahulu sebelum mengatur sokbreker belakang, sehingga ke depan nggak menimbulkan masalah seperti motor goyang saat dikendarai.

"Makanya saya sering sarankan untuk ganti sebelum setting sokbreker belakang. Sekarang ini sebagian besar motor matic pakai engine mounting yang ada karetnya, kalau sudah berumur biasanya karetnya pecah-pecah, longgarnya semakin besar bahkan hilang," tambahnya.

Jadi, gimana sob? Sekarang udah nggak bingung lagi kan harus ngapain kalau motor berasa goyang ketika tengah dikendarai? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest