Follow Us

Gokil! Playstation 5 Bakal Bikin Lo Main Game Tanpa Loading

Dio Firdaus - Rabu, 26 Juni 2019 | 21:00
Ilustrasi PS5
T3

Ilustrasi PS5

HAI-online.com- Pasti kamu pernah kan merasakan ketika sedang menjalah di game berjenis open world dan beberapa bagian dari game ada yang belum ke-render dan terpaksa harus menunggu beberapa saat untuk memuat data tersebut.

Nah, konon katanya loading atau rendering saat di tengah-tengah game ini nggak bakal terjadi lagi di konsol teranyar Sony, Playstation 5.

Dugaan tersebut datang dari sebuah paten baru yang diajukan Sony ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Baca Juga: Melihat Betapa Ngebutnya Waktu Loading dan Render PS5 Melawan PS4 Pro

Di dalam paten itu terlihat adanya mekanisme loading game yang nggak menginterupsi kegiatan bermain.

Dijelaskan bahwa game akan mengantisipasi area mana yang akan dimasuki pemain, lantas melalukan loading lebih dulu di background sebelum pemain tiba, sebagaimana HAI rangkum dari KompasTekno.

Contoh mudahya, pada game GTA, ketika kamu sedang berada di peta A dan hendak pindah ke peta B, maka sistem akan membaca data-data di peta B terlebih dahulu sebelum kamu sampai ke sana.

Sistem loading yang canggih ini bekerja secara otomatis dengan mendeteksi pergerakan pemain.

Lingkungan game sendiri pun dibagi-bagi untuk memastikan proses pemindahan lokasi bisa berjalan sangat mulus.

Sebenarnya, ini bukan teknologi yang baru. Developer seperti Rockstar sudah mulai menerapkannya pada Red Dead Redemption 2. Tapi kayaknya di PS5 teknologi secanggih ini akan diimpelementasikan lebih baik.

Terlebih lagi nih ya, PS45 dikabarkan akan menggunakan SSD yang bisa mengurangi waktu loading ataupun memuat data saat bermain game dan RAM jenis GDDR6. Kurang ngebut apa coba ini konsol.

Sayangnya nih sob. Sony belum ngasih tau kapan konsol terbaru mereka ini akan rilis. Padahal udang nggak sabar banget nih! (*)

Source : kompastekno

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest