Follow Us

Wow Bukan Jakarta, Kota dengan Internet Tercepat Ada di Papua!

Dio Firdaus - Senin, 13 Mei 2019 | 20:05
Kota Sorong, Papua Barat
ditjenpdt.kemendesa.go.id

Kota Sorong, Papua Barat

HAI-online.com - HAI yakin nih, pasti banyak dari kamu yang berpikir kalau kota dengan kecepatan internet tercepat di Indonesia adalah Jakarta atau daerah sekitar, Jabodetakbek. Seharusnya sih begitu ya, sob. Karena kan secara infrastruktur, Jakarta adalah kota yang paling lengkap. Tapi kenyataannya salah banget!Ternyata kota dengan kecepatan internet paling cepat itu bukan Jakarta ataupun sekitaran Jabodetabek, sob, justru kota-kota yang nggak kita sangka justru punya kecepatan internet yang lebih ngebut dari Jakarta.

Baca Juga : Fungsi Lubang Hidung Kiri dan Kanan itu Beda Lho, Mind Blowing!Dalam laporan OpenSignal yang menganalisis rata-rata boardband seluler pada 44 kota di Indonesia, terlihat kalau kota pelosok di Indonesia memiliki koneksi yang lebih tinggi ketimbang kota di pulau Jawa.

Kecepatan download kota-kota di Indonesia
foto: opensignal.com

Kecepatan download kota-kota di Indonesia

Untuk kecepatan unduh, Kota Sorong yang berlokasi di Papua Barat lah yang menduduki posisi pertama dengan kecepatan 12Mbps. Disusul oleh Gorontalo dengan 11.9Mbps. Jakarta? Peringkat 28 dengan rata-rata kecepatan 7.8Mbps. Jauh banget kan sob dengan Kota Sorong?OpenSignal juga membeberkan laporan kecepatan internet unggah yang dijuarai oleh Kota Pekanbaru dengan kecepatan 5,9Mbps. Sedangkan jakarta sendiri jauh di bawah dengan kecepatan 3,6Mbps.

Kecepatan unggah internet di kota-kota Indonesia
foto: opensignal.com

Kecepatan unggah internet di kota-kota Indonesia

Kok bisa sih di kota pelosok punya internet lebih cepat?Jawabannya mudah, makin banyak pengguna yang terhubung ke suatu jaringan, maka kapasitasnya akan tersebar dan bisa menyebabkan penurunan kecepatan rata-rata.

Baca Juga : Controller Buatan Google Bocor di Internet, Ternyata Ada Google Assistant-nyaPenyedia jasa layanan internet mungkin memusatkan infrastruktur di kota-kota besar, namun peningkatan tersebut nggak mampu mengimbangi permintaan data seluler di kota besar yang banyak penduduk. Hmm.. Kayaknya Thanos harus jentikin jari nih sob biar kecepatan internet di Jakarta naik. hahaha

Source : OpenSignal, cewekbanget.grid.id

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest