Follow Us

Sedih, Rekaman Master Album 'Nevermind' Milik Nirvana Lenyap Terbakar

Ricky Nugraha - Kamis, 13 Juni 2019 | 15:00
Cover album Nevermind
DGC Records

Cover album Nevermind

HAI-online.com - Pada 1 Juni tahun 2008 silam, sebuah gudang penyimpanan Universal Studios Hollywood mengalami kebakaran dahsyat yang melenyapkan sekitar 500.000 lagu yang tersimpan di dalamnya.

Menurut laporan dari The New York Times yang dirilis pada 11 Juni kemarin, rekaman-rekaman yang tersimpan di Universal Studios itu mewakili musik populer selama beberapa dekade.

Di dalamnya ada lagu-lagu dari Ray Charles, BB King, the Four Tops, Joni Mitchell, Al Green, Eric Clapton, the Eagles, Tom Petty, REM, Janet Jackson, Guns N' Roses, Mary J Blige, No Doubt, Snoop Dogg, termasuk rekaman master album Nevermind dari Nirvana.

Kabar ini membuat banyak penggemar was-was dan mempertanyakan apakah masteran album Nevermind tersebut benar-benar telah lenyap selamanya.

Baca Juga: Boy Pablo Kembali Konser ke Jakarta dalam Tur Asia Tenggara 2019

Seorang penggemar pun menanyakan kepada sang mantan bassist Nirvana, Krist Novoselic, lewat Twitter.

Krist yang kini berprofesi sebagai politisi itu pun menjawabnya, "Aku pikir itu (masteran Nirvana) telah lenyap untuk selamanya."

Hal ini pun langsung membuat para penggemar lainnya memberikan respon dan mengungkapkan kesedihan mereka.

Kebakaran tersebut berawal dari seorang petugas pemeliharaan yang menggunakan api untuk memperbaiki atap gedung di salah satu dari set film Universal Studios.

Baca Juga: Langka, Foto Lama 10 Grup Band Legendaris Ini Ungkap Wujud Sebelum dan Sesudah Terkenal

Api kemudian mencapai gudang yang dikenal sebagai Building 6197, yang menampung arsip acara TV, gulungan film, dan rekaman suara milik Universal Music Group.

Meskipun kebakaran itu dilaporkan secara luas pada saat itu, kepala Universal Studios, Ron Meyer, mengatakan nggak ada kerugian besar.

Sebuah laporan dari BBC menyebutkan bahwa sekitar 40.000 hingga 50.000 video dan gulungan film telah rusak dalam kobaran api dan duplikatnya disimpan di tempat lain.

Source : BBC

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest