Follow Us

Kenapa Jin di Aladdin Warnanya Biru? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Ricky Nugraha - Jumat, 31 Mei 2019 | 11:00
Will Smith sebagai Genie di flm live-action Aladdin
Walt Disney Pictures

Will Smith sebagai Genie di flm live-action Aladdin

HAI-online.com - Film Aladdin, baik versi animasi maupun versi live-action yang sedang tayang baru-baru ini, menghadirkan dunia fantasi penuh dengan hal-hal yang tak bisa dijelaskan oleh logika.

Seperti karpet ajaib, kekuatan sihir, bahkan salah satu karakter utamanya sendiri, yaitu Genie atau Jin yang ikonik dengan warna birunya.

Meski Genie adalah karakter khayalan, tapi ada satu hal yang nggak sepenuhnya irasional dan dapat dijelaskan secara ilmiah, yaitu kenapa jin keluar dari lampu ajaib tersebut berwarna biru.

Namun, sebelumnya kita perlu memahami mengapa warna bisa tampak berbeda saat kita lihat.

Baca Juga: Tomat Itu Sayuran Atau Buah Sih? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya!

“Warna biru yang kita lihat sebenarnya hanyalah trik cahaya saja”, ujar Richard Prum, seorang ornitholog (ahli burung) dari Yale University, dilansir dari Science News for Students.

“Bagiku, Genie tampak berwarna biru karena jin tersebut tidak terdiri dari material padat, atau seperti gas. Alasan yang sama juga menjelaskan mengapa langit nampak berwarna biru,” jelasnya.

Langit nampak berwarna biru akibat hamburan cahaya oleh partikel di atmosfer.

Cahaya bergerak dalam bentuk gelombang, dan kita mempersepsikan gelombang tersebut sebagai warna yang berbeda. Sebagai contoh, warna merah memiliki gelombang yang panjang, di mana tiap bukit gelombang meregang.

Baca Juga: Peneliti Berhasil Ciptakan Suara Paling Brutal Sedunia Sekeras 270 Decibels

Sebaliknya, warna biru memiliki gelombang yang pendek dan tiap bukit gelombang berdekatan satu sama lain.Cahaya Matahari terdiri dari berbagai panjang gelombang, yang jika digabungkan maka akan tampak sebagai warna putih. Saat cahaya tersebut memasuki atmosfer Bumi, gelombang cahaya menabrak molekul yang ada di udara, sehingga gelombang akan terurai dan terhambur ke berbagai arah.

Warna biru yang memiliki gelombang pendek akan menabrak lebih sering dan terhambur lebih banyak, sedangkan warna merah yang memiliki gelombang panjang lebih jarang terhambur. Inilah alasan mengapa langit berwarna biru.

Source : Kompas.com, sciencenews.org

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest