Follow Us

Cara Buat Selalu Menang Suit Batu-Gunting-Kertas Menurut Sains

Ricky Nugraha - Rabu, 15 Mei 2019 | 18:15
Ilustrasi batu-gunting-kertas
iStockphoto

Ilustrasi batu-gunting-kertas

HAI-online.com - Sering kalah saat main suit batu-gunting-kertas? Mungkin kalian harus perhatikan cara ini biar selalu menang.

Banyak yang menganggap bahwa pemenang suit ini hanyalah karena faktor keberuntungan dan kebetulan.

Namun, sains menunjukkan bahwa permainan ini lebih dari sekedar keberuntungan, melainkan adu strategi tentang pola, psikologi dan statistik.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memenangkan suit ini adalh dengan melawan stereotipe. Menurut World Rock Paper Scissors Society, jurus cowok biasanya adalah batu, sedangkan cewek biasanya lebih suka melempar kertas.

Baca Juga: Nggak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Alasan Kepiting Berjalan Menyamping

“Ini ada hubungannya dengan ide bahwa batu dianggap ‘kuat’ dan ‘bertenaga’, jadi laki-laki biasanya memilih itu,” ujar mereka.Dengan demikian, jika lawan adalah cowok, ada baiknya untuk mengeluarkan jurus pertama kertas. Sementara itu, untuk lawan cewek, ada berkemungkinan menang kalau mengeluarkan gunting.

Untuk strategi yang lebih lanjut, bsia dilihat dari hasil penelitian Zhejian University.

Para peneliti bidang “teori permainan” di universitas tersebut pernah melaksanakan merekam hasil 20.000 ronde suit gunting-batu-kertas yang dilakukan oleh 360 mahasiswa.

Mereka ingin tahu pola yang biasanya digunakan untuk memainkannya, dan sebagai insetif, mahasiswa yang menang akan mendapat hadiah uang.

Baca Juga: Kenapa Sih Mayoritas Orang Gunakan Tangan Kanan untuk Beraktivitas?

Seperti yang diduga, ketiga jurus digunakan nyaris sama seringnya. Namun, para peneliti menemukan pola yang menarik: orang yang menang biasanya mengulangi jurusnya, sedangkan yang kalah biasanya mengubah-ubah jurusnya dengan pola batu ke kertas lalu gunting sebelum kembali ke batu lagi.

Selama musuh nggak tahu pola ini, cukup aman untuk menggunakan pengetahuan ini ke dalam strategi saat main gunting-kertas-batu.

Namun kalau malas pakai strategi atau lupa, para peneliti mengatakan bahwa jalan teraman adalah mengeluarkan kertas karena itu lebih jarang digunakan, yaitu 29,6 persen.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sains Ungkap Cara Selalu Menang Suwit Batu-Gunting-Kertas."

Source : Kompas.com, IFL Science

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest