Follow Us

Peneliti Berhasil Ciptakan Suara Paling Brutal Sedunia Sekeras 270 Decibels

Fadli Adzani - Senin, 27 Mei 2019 | 17:15
Ilustrasi
kompas.com

Ilustrasi

HAI-ONLINE.COM - Para peneliti dari SLAC National Accelerator Laboratory baru aja menciptakan suara paling brutal sedunia.

Sebagaimana yang diberitakan oleh Loudwire, suara ini bisa mencapai 270 decibels. Kalau didengarkan di luar air oleh telinga manusia, suara ini bisa menghancurkan jantung hingga paru-Baca Juga: Mau Ganti Hape Tapi THR Kurang? Nih Rekomendasi 12 Hape Rp 2 Jutaan

Makanya, para peneliti tersebut mencoba meledakkan suara tersebut di bawah air, yang kemudian menghasilkan gelombang kejut.

Studi yang masuk dalam jurnal Physical Review Fluids pada 10 April ini menyatakan kalau suara tersebut bisa lebih kencang daripada suara roket yang sedang lepas landas.

Baca Juga: Waduh! Kecanduan Game Bakalan Dikategorikan Sebagai Penyakit!

Buat kalian yang belum tau, sebagaimana yang diberitakan List Verse, suara roket yang lepas landas saja memiliki 165 hingga 170 decibels.

Suara gunung meletus Krakatao pada tahun 1883 mencapai 180 decibels dan bisa terdengar sampai ke Perth, Australia hingga Mauritius.

Baca Juga: Instagram TV Kini Sudah Bisa Menampilkan Video Horizontal

Selain itu, 1 ton bom TNT memiliki suara sekencang 210 decibels. Kalau kita bandingkan dengan suara yang baru saja dibuat oleh para peneliti ini, yang mencapai 270 decibels, bayangkan saja gimana kerasnya, bro! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest