Follow Us

Nggak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Alasan Kepiting Berjalan Menyamping

Bayu Galih Permana - Senin, 06 Mei 2019 | 19:00
Penyebab kepiting berjalan menyamping
Pixabay / 12019

Penyebab kepiting berjalan menyamping

HAI-Online.com - Pasti udah pada tahu kan ya kalau selama ini kepiting bergerak dengan cara berjalan menyamping? Ya, kecuali Tuan Krab di animasi Spongebob Squarepants yang jalannya tetap lurus ke depan.

Tapi, kalian semua pada tahu nggak sih apa yang menyebabkan kepiting-kepiting di dunia nyata bergerak dengan cara jalan ke samping?

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, hal ini terjadi karena secara anatomi, kaki kepiting melekat pada bagian samping tubuh dan sambungan jaju mereka menekuk ke arah luar yang kemudian membuat mereka hanya mampu bergerak ke samping.

Di sisi lain, evolusi kepiting diketahui juga membuat tubuh mereka menjadi lebih lebar dan pendek dengan perut kecil, sehingga menyebabkan kaki-kaki kepiting semakin memanjang di setiap sisi tubuhnya.

Baca Juga : Kabur dari Razia Lalu Lintas, Siswi SMP di Purworejo Terancam Buta karena Dilempar HT oleh Polisi

Selain itu, aspek lain yang membuat kepiting hanya bisa berjalan menyamping adalah cangkang besar yang memaksa mereka untuk lebih mudah berjalan kalau dengan cara menyamping.

Menurut keterangan seorang ahli dalam ourmarinespecies.com, cara berjalan menyamping ini mampu membuat kepiting bergerak di berbagai habitat, mulai dari permukaan berbatu hingga dasar air, apalagi mereka bukan perenang yang handal.

"Karena kepiting bukan perenang hebat, mereka harus bisa berjalan di berbagai permukaan termasuk pasir, batu, dan bahkan beberapa spesies dapat memanjat pohon kelapa," tulis ahli tersebut.

Hmm, jadi itu alasannya. Gimana sob, kalian sendiri baru ngeh atau udah tahu dari dulu soal penyebab kepiting jalannya menyamping? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest