Follow Us

Inspiratif, Kisah Alyza, Anak Tukang Sampah Diterima Kuliah di UGM

Syifa Nuri - Kamis, 16 Mei 2019 | 08:25
Alyza Firdaus Nabila bersama ayah, ibu, dan kakaknya
Web UGM

Alyza Firdaus Nabila bersama ayah, ibu, dan kakaknya

HAI-Online.com - Alyza Firdaus Nabilah, pelajar asal Bantul ini berhasil menembus ketatnya persaingan jalur SNMPTN di Universitas Gadjah Mada.

Rasa bangga dan bahagia pun menyelimuti Jumari (58), sang ayah yang berprofesi sebagai tukang angkut sampah.

"Sangat bangga dan bersyukur, anak kami Lyza bisa diterima kuliah di UGM. Ini menjadi kebahagiaan tertinggi bagi keluarga kali," kata Jumari dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Mahasiswi Asal Bali Berhasil Ciptakan Pembalut yang Bisa Digunakan 5 Tahun

Berita diterimanya Alyza di Fakultas Kehutanan, UGM ini benar-benar jadi titik puncak perjuangan Jumari dan istrinya.

Pasalnya, mereka berdua benar-benar berusaha keras untuk bisa membesarkan Alyza dan kakaknya. Apalagi kakak Alyza sendiri terpaksa putus sekolah saat di bangku SMA karena tidak mampu membayar uang sekolah.

Sebelum menjadi tukang angkut sampah, Jumari sempat menjadi sopir panggilan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Tapi, karena usia yang makin menua, Jumari pun memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya itu. Ia pun menyewa mobil pick up untuk mengangkut sampah bersama anak sulungnya berkeliling Yogyakarta mengangkut sampah.

Baca Juga: Berprestasi, 3 Pelajar SMP di Tangsel Dikirim Masuk Akademi Juventus

Tekun

Alyza sendiri adalah anak yang sangat tekun dalam belajar. Ia juga berprestasi secara akademis dan rajin beribadah. Alyza juga sangat prihatin dengan keadaan keluarganya dan tidak pernah menuntut macam-macam.

"Semoga nantinya Lyza bisa lancar kuliahnya dan menjadi orang berhasil serta berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara," ungkap Nur Hayati (49), ibunda Alyza.

Alyza mengatakan bahwa sejak kecil dirinya memang selalu punya keinginan untuk meneruskan ke perguruan tinggi. Walaupun keadaan ekonomi keluarganya terbatas, Alyza nggak pernah putus asa untuk mewujudkan cita-citanya.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular