Follow Us

Jangan Dibuang! Kini Minyak Jelantah Bisa Dipakai untuk Bersedekah ke Kaum Duafa

Bayu Galih Permana - Rabu, 08 Mei 2019 | 15:35
Ilustrasi
iStockphoto

Ilustrasi

HAI-Online.com - Kalau selama ini kebanyakan minyak jelantah cuma dibuang percuma, baru-baru ini Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengeluarkan sebuah program sedekah dengan cara memanfaatkan limbah tersebut.

Seperti dilansir dari Kompas.com, program yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Yayasan Rumah Sosial Kutub ini nantinya akan mengumpulkan minyak jelantah hasil rumah tangga warga ke dalam tong sedekah.

Setelah terkumpul, minyak jelantah tersebut nantinya akan dijual kepada pihak-pihak terkait untuk diolah (misalnya sebagai pupuk karbon) sebelum akhirnya hasil penjualan disumbangkan kepada kaum duafa.

"Hasil penjualan minyak jelantah itu nantinya disalurkan untuk program sosial, seperti kami distribusikan ke rumah duafa, yatim, dan lainnya,” ujar Syarifudin selaku Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Selatan, Selasa (7/5).

Baca Juga : Pantesan Tangguh Berpuasa, Maudy Ayunda Bocorin Sumber ‘Kekuatan’ Sahurnya

Untuk menyukseskan program ini, Syarifudin menjelaskan bahwa pihaknya akan membagikan jeriken berukuran kecil kepada masing-masing rumah untuk nantinya dipakai sebagai tempat menampung minyak jelantah.

Apabila sudah penuh, minyak jelantah dalam jeriken kecil tersebut nantinya akan dipindahkan ke tempat yang lebih besar di setiap RT ataupun kelurahan.

"Iya, jeriken kecil satu rumah atau mungkin perkelompok satu jeriken untuk berapa rumah. Nanti (minyak jelantah) dikumpulkan ke jeriken yang besar," tambahnya.

Wih keren nih programnya! Semoga program pengumpulan minyak jelantah di tong sedekah bisa berjalan dengan lancar ke depannya sehingga dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan sob. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest