Follow Us

Jangan Sampai Napas 'Bau Naga' Pas Puasa, Yuk Simak 4 Tips buat Mencegahnya

Bayu Galih Permana - Selasa, 07 Mei 2019 | 20:30
Ilustrasi bau mulut
Triangle Dentistry

Ilustrasi bau mulut

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, bau mulut merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh banyak orang saat tengah menjalankan ibadah puasa, yang otomatis akan menimbulkan rasa nggak nyaman dan membuat aktivitas menjadi terganggu.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, napas 'bau naga' sendiri muncul pada saat kita tengah berpuasa karena tubuh bisa jadi memakai lemak sebagai sumber energi utama karena cadangan glikogen pada hati dan otot udah habis terpakai.

Nah ketika lemak dipakai sebagai pengganti energi, tubuh nantinya akan menghasilkan senyawa bernama keton yang aromanya dapat tercium melalui napas.

Selain itu, keadaan mulut yang kering ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena kadar air liur dalam mulut berkurang padahal cairan tersebut selama ini berfungsi untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak.

Baca Juga : Kaum Misqueen Boleh Tiru: Jalani Gaya Hidup Freeganisme, Cowok Ini Cuma Butuh Rp 114 Ribu untuk Makan Setahun

Lalu, gimana sih cara supaya napas kita nggak bau ketika berpuasa? Daripada kebanyakan basa-basi, langsung aja deh HAI bagiin sejumlah tips mencegah napas 'bau naga' saat menjalankan ibadah puasa.

1. Bersihkan mulut secara menyeluruh

Ilustrasi
Pixabay / jennyfriedrichs

Ilustrasi

Pertama, mulailah dengan menyikat gigi dengan memakai pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan plak dan sisa makanan dalam jangka waktu minimal selama 2 menit.

Setelah selesai menyikat gigi, bersihkan lidah menggunakan alat khusus dan juga sela-sela gigi memakai benang gigi, mengingat bagian ini sering sulit dibersihkan dengan sikat gigi biasa yang memicu pebentukan plak serta menyebabkan bau mulut.

2. Nggak usah merokok saat sahur

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest