Follow Us

Gaul! Lo Bisa Tahu Berapa Banyak Orang yang Namanya Sama Kayak Lo Pakai Peta Ini!

Syifa Nuri Khairunnisa - Rabu, 01 Mei 2019 | 21:22
Gaul! Lo Bisa Tahu Berapa Banyak Orang yang Namanya Sama Kayak Lo Pakai Peta Ini!
Forebears

HAI-Online.com - Sering nggak sih lo penasaran soal berapa banyak orang di dunia yang namanya sama kayak lo? Ratusan orang? Atau ribuan dan bahkan jutaan?

Sekarang rasa penasaran lo itu bisa lo penuhi dengan menggunakan peta interaktif ini, sob. Forebears adalah situs yang didirikan pada 2012. Situs ini memetakan 11 juta nama keluarga dari seluruh dunia.

Situs ini bikin lo bisa mencari nama yang mirip sama nama lo lewat penelusuran surat kabar, catatan silsilah, dan sumber sejarah lainnya.

Baca Juga : Sambut Bulan Puasa, Ini Dia 10 Film Indonesia Rilis Bulan Mei 2019

Forebears bahkan punya catatan untuk nama-nama terpopuler di tiap negara, jumlah orang yang punya nama tersebut, dan mendaftarkan berbagai permutasi dan pengejaan nama tertentu.

Situs ini mirip kayak Wikipedia atau Wolfram Alpha yang khusus buat nama keluarga. Tujuan situs ini adalah mengumpulkan semua informasi dari berbagai sumber dan menyusunnya dalam 1 indeks.

Sumber data tersebut biasanya nggak berasal dari 1 situs yang sama. Kadang ada sumber yang meminta bayaran juga. Jadi, kalau lo cuman niat nyari data visualisasi dan statistik umum, nggak ada terlalu banyak informasi gratis di luar laporan sensus.

Selain data-data di atas, Forebears juga mengandung catatan dampak perang, catatan kematian, hasil sensus, dan segala informasi yang bisa menunjukan hubungan keluarga. Tapi, sayangnya informasi yang banyak ini belum terlalu komprehensif.

Misalnya, informasi seputar negara-negara kayak Vietnam dan Guinea. Beberapa nama tertentu biasanya sangat dominan, tapi informasi yang ditampilkan di situs tersebut kurang akurat.

Hasil pencarian untuk Vietnam contohnya, menunjukan 16 nama keluarga yang kemunculannya lebih tinggi daripada "Nguyen". Padahal nama Nguyen dimiliki sama kurang lebih 40% warga di sana.

Tapi selain dari kekurangannya tadi, situs Forebears tetap merupakan situs yang menarik banget buat lo coba jelajahi. Apalagi buat orang yang lagi iseng dan penasaran soal berapa banyak manusia di dunia yang punya nama kayak lo. (*)

Source : vice.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest