Follow Us

Kalo Jakarta Nggak Jadi Ibu Kota Negara, Ini yang Bakal Terjadi Nurut Ahli!

Fadli Adzani - Rabu, 01 Mei 2019 | 11:50
Monas, Monumen Nasional.
kompas.com

Monas, Monumen Nasional.

HAI-ONLINE.COM - Wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari DKI Jakarta ke kota lain saat ini sedang dikaji oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kalau memang benar-benar dipindah ke kota lain, bakal kayak gimana, ya, Jakarta kita?

Baca Juga : Infinity Gauntlet yang Dipakai Thanos Ternyata Mirip dengan Benda Bersejarah Ini

Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP Indonesia Bernardus Djonoputro menegaskan, nggak bakal banyak perubahan yang terjadi pada DKI Jakarta.

"Malah, Jakarta akan menjadi kota bisnis yang lebih kuat. Tidak ada yang berubah dari sisi perekonomian," kata Bernardus kepada Kompas.com, Minggu (9/7/2017).

Akan tetapi, menurutnya, tantangan lingkungan bakal tetap menjadi masalah yang harus dihadapi oleh megapolitan ini.

"Polusi, penurunan tanah. Jadi, Jakarta harus tetap deal dengan masalahnya sekarang, ada atau tidak ada ibu kota di Jakarta," ucap dia.

Baca Juga : Demi Viewers YouTube, Remaja Ini Nekat Gelantungan di Gedung Pencakar Langit

Ia kembali menjelaskan, apa yang perlu dilakukan terhadap DKI Jakarta tetap sama, pemerintah kota Jakarta tetap harus memikirkan gimana caranya menghentikan penurunan air tanah, kemudian cara membangun hunian yang efektif dengan integrasi moda transportasi umum alias Transit Oriented Development (TOD), dan lain-lain.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dikabarkan telah mengkaji rencana pemindahan ibu kota. Dua hal utama yang dibahas ialah total kebutuhan pembiayaan dan skema pembiayaannya. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest