Follow Us

Kenapa Sih Mayoritas Orang Gunakan Tangan Kanan untuk Beraktivitas?

Alvin Bahar - Selasa, 30 April 2019 | 14:30
Tangan kanan
iStockphoto

Tangan kanan

HAI-ONLINE.COM - Sekitar 85-90 persen manusia di dunia, mayoritas akan menggunakan tangan kanan saat beraktivitas. Sementara tangan kiri digunakan hanya sebagai penunjang tangan kanan.

Nggak hanya tangan, bahkan seluruh anggota tubuh sebelah kanan juga bekerja dengan cara yang sama, seperti saat menendang bola.

Perlu diketahui bahwa pada awal perkembangannya, manusia berjalan dengan merangkak menggunaan empat kakinya. Kemudian, manusia mulai berevolusi dengan berjalan tegak dan hanya menggunakan kedua kakinya.

Sementara, kedua tangannya digunakan untuk mengerjakan tugas lain seperti membuat peralatan berburu, memasak, dan mencari makan berupa hewan dan tumbuhan.

Ini dibuktikan dengan melihat gigi spesies Homo heidelbergensis yang telah diawetkan. Dari gigi tersebut menunjukan bahwa makanan yang dimasukan ke dalam mulut menggunakan tangan bagian kanan.

Meski begitu, pendapat ini masih sulit dibuktikan kebenarannya karena harus dilakukan tes neurologis kepada manusia purba yang sudah lama mati.

Arkeolog dari University of Liverpool, Natalie Uomini mengatakan bahwa sejauh ini nggak ditemukan arkeologi yang menunjukkan adanya populasi manusia yang mayoritas menggunakan tangan kiri.

Baca Juga : Es Campur untuk Konser Ed Sheeran di Jakarta Udah Disiapkan!

Aktivitas yang dilakukan anggota tubuh manusia akan dikontrol oleh otak, dan sebagian besar gerak tubuh di bawah kontrol otak kiri.

Syaraf otak sebelah kiri mampu menggerakan anggota tubuh sebelah kanan, seperti mata, tangan, kaki, dan lainnya. Begitupun sebaliknya,otak kanan lah yang menggerakan tubuh sebelah kiri.

Beberapa ilmuan berpendapat bahwa cara kerja otak seperti itu juga berlaku pada tubuh binatang sejak setengah miliar tahun yang lalu.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest