Follow Us

Dialog dengan Garda Satwa Indonesia Soal 'Kucing Gembel', Pandji Pragiwaksono Minta Maaf

Ricky Nugraha - Rabu, 10 April 2019 | 16:00
Pandji Pragiwaksono dan Garda Satwa Indonesia
Instagram/gardasatwaindonesia

Pandji Pragiwaksono dan Garda Satwa Indonesia

HAI-online.com - Pandji Pragiwaksono beberapa waktu lalu sempat mendapatkan kritikan dari banyak orang setelah menyebut kucing sebagai hewan gembel dalam salah satu video World Tour Stand Up Comedy yang diunggah di kanal YouTube miliknya.

Dalam video yang diberi judul awal 'Pandji Benci Hewan Gembel' tersebut, aktor sekaligus komika itu mengatakan bahwa kucing adalah hewan gembel karena suka mencari makanan di sampah serta sering mengganggu orang yang sedang makan.

Video tersebut juga mendapat kritikan dari komunitas Garda Satwa Indonesia yang kemudian melayangkan surat terbuka kepada Pandji.

Hasilnya, Pandji menanggapi surat terbuka tersebut dengan mengganti judul menjadi 'Pandji dan Cicak Ninja'. Namun ia memutuskan untuk nggak menanggapi secara langsung surat terbuka karena ia berpikir bahwa komunitas pecinta hewan tersebut memang hanya ingin menyampaikan aspirasinya.

Baca Juga : Sebut Kucing Hewan Gembel, Pandji Pragiwaksono Dibanjiri Kecaman

Garda Satwa Indonesia pun menyayangkan sikap Pandji yang menyelesaikan pro dan kontra terkait videonya hanya dengan mengganti judul dan thumbnail video, karena masalah sebenarnya terdapat pada pernyataan Pandji dalam video.

Kemudian baru-baru ini, kedua belah pihak yaitu Pandji Pragiwaksono dan Garda Satwa Indonesia telah bertemu dan berdialog tentang masalah tersebut

Ini bisa dilihat dari postingan Instagram Garda Satwa Indonesia yang menampilkan foto mereka bersama dengan Pandji saat menggelar dialog.

Disebutkan bahwa mereka telah membahas dari awal, apa yang memberatkan yaitu soal ujaran ‘Benci Hewan Gembel’, bukan hanya karena objeknya adalah kucing, tapi lebih ke soal ‘benci’nya itu sendiri.

Baca Juga : Pandji Sebut Kucing Hewan Gembel, Ini 5 Artis Hollywood yang Pelihara Kucing

Dalam caption juga dituliskan bahwa ia telah meminta maaf dan sebenarnya nggak bermaksud untuk nggak menghargai hewan, karena niatnya ingin bercanda.

"Selain permintaan maaf, Pandji juga akan membuat disclaimer di video tersebut bahwa, ucapan itu sepenuhnya bercanda, tidak untuk menginspirasi membenci dan menyakiti hewan, disclaimer ini dibuat agar penonton tidak ada yang mengira bahwa membenci dan menyakiti hewan itu boleh seperti beberapa komentar yang sempat muncul mengenai ajakan menyiksa hewan," tulis Garda Satwa Indonesia dalam postingan tersebut.

Pandji kabarnya juga akan membuat konten soal kesejahteraan hewan domestik suatu saat nanti, yang salah satu temanya adalah adopsi dan rescue.

Source : grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest