Follow Us

Sandaran Tangan di Kursi Tengah Pesawat Seharusnya untuk Penumpang yang Duduk di Tengah

Ricky Nugraha - Rabu, 03 April 2019 | 14:30
Kursi penumpang di pesawat terbang
Instagram/ap_airports

Kursi penumpang di pesawat terbang

HAI-online.com - Saat bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, nggak jarang sandaran tangan di kursi bagian tengah jadi rebutan antar ketiga penumpang.

Padahal, sandaran tangan ini seharusnya diberikan kepada penumpang yang duduk di kursi tengah.

Angkasa Pura 1 lewat akun Instagram @ap_airports menghimbau netizen yang menggunakan transportasi pesawat untuk lebih beretika. Salah satunya adalah soal sandaran tangan di kursi tengah tersebut.

"Alasannya, penumpang yang duduk di tengah nggak punya kebebasan ruang gerak seperti penumpang di window seat dan aisle. Kalau penumpang yang duduk di window seat bisa menyenderkan kepalanya di jendela."

Baca Juga : Lagu Skrillex Bisa Jauhkan Nyamuk dari Tubuh Kita, Ini Buktinya!

"Sedangkan buat yang duduk di sisi aisle punya kekeluasaan apabila akan berjalan ke lorong untuk ke toilet dan keluar pesawat," tulis Angkasa Pura 1 di postingan Instagram tersebut.

Dalam keterangan, disebutkan juga bahwa ini merupakan bentuk etika dan peraturan tak tertulis selama menumpang pesawat.

Pakar etika Anna Musson mengatakan kepada Traveller.com.au bahwa etika selama di perjalanan, khususnya pesawat memang diperlukan.

Serupa dengan himbauan Angkasa Pura 1, Musson juga menyarankan penumpang yang duduk di kursi pinggir jendela dan lorong untuk memberi sandaran tangan kepada penumpang yang duduk di tengah.

Baca Juga : Soal UNBK Matematika Dinilai Susah, Kemdikbud Dibanjiri Curhatan

Bentuk etika lain yang disarankan Musson adalah mengucapkan salam seperti "Halo" kepada penumpang yang duduk di sebelah kursi pesawat.

Selain itu Musson juga menganjurkan untuk lebih peduli dengan penumpang di belakang. Sewajarnya, menyandarkan kursi ke belakang jika jarak penerbangan lebih dari tiga jam.

Jika memang ingin menyandarkan kursi, jangan lupa untuk perlahan dan kembalikan ke posisi semula saat waktu makan.

Selanjutnya bagi yang duduk di pinggir lorong, pastikan untuk tak menaruh barang bawaan di lantai.

Hal ini agar penumpang di samping jendela dan tengah lebih mudah keluar jika ingin ke toilet. Juga perhatikan, jangan sekalipun mengeluh karena harus bangun untuk mempersilahkan orang lain ke toilet.

Baca Juga : Kocak tapi Kreatif, Cowok Ini Buat Outfit Versi Murah dari Sejumlah Artis

"Etika terkait nilai-nilai sosial, tenggang rasa, empati, dan saling menghormati. Pesawat merupakan ruang publik. Semua penumpang berkepentingan untuk saling menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

Perlu peka terhadap perasaan penumpang lain. Janganlah berbuat sesuatu yang kita sendiri tidak ingin orang lain berbuat," imbau pengamat penerbangan Alvin Lie, saat dihubungi KompasTravel, Kamis (28/3/2019).

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest