Follow Us

Hati-hati, Sob! Sering Pencet Snooze Bikin Tidur Lo Nggak Optimal!

Syifa - Jumat, 29 Maret 2019 | 16:30
Tired woman in bed with smartphone, low light
iStockphoto

Tired woman in bed with smartphone, low light

HAI-Online.com - Ngaku deh, pasti di antara kalian ada yang hobi banget mencet tombol snooze alarm tiap pagi kan? Ketika lo harus bangun jam 5 pagi buat ke sekolah, dan terus-terusan nunda pake snooze cuman karena nyawa lo belum kekumpul. HAI tahu banget deh, sob.

Tapi ya, ternyata pake tombol snooze tuh bahaya, lho! Ternyata, tombol snooze yang membunyikan alarm berjeda itu akan mengganggu tidur lo. Dan tidur yang terganggu, bikin lo nggak beristirahat dengan maksimal.

Dilansir dari Vice, ada penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine yang bilang kalo orang yang bangun selama empat kali dalam waktu tidur delapan jam tuh nggak beristirahat lebih baik daripada mereka yang cuman tidur empat jam tanpa kebangun.

Baca Juga : Ibu yang Viral karena Video Depak Anak dari Mobil Mengaku Khilaf

"Walaupun lo lanjut tidur setelah mencet snooze, kualitas tidur lo biasanya jadi rendah banget," kata Deirdre Conroy, direktur program behavioral sleep medicine di University of Michigan.

Nah, biar kualitas tidur lo membaik dan nggak perlu lagi deh mencet-mencet snooze, HAI udah nge-list beberapa cara yang bisa lo lakukan:

Rebahan sambil buka mata

Daripada mencet snooze, buat ngumpulin nyawa, lo rebahan aja dulu barang semenit dua menit di kasur. Tapi mata lo kebuka, sob. Atau lo juga bisa melakukan peregangan ringan buat mengusir rasa ngantuk.

Alarm jadi cadangan aja

Lo bisa balik lagi menggunakan cara tradisional buat bangun tidur. Ritme sirkadian adalah jam tubuh yang mengatur perubahan siklus harian tubuh, menciptakan kecenderungan untuk tidur dalam keadaan gelap dan bangun di pagi hari. Nah, ritme ini bisa lo manfaatkan untuk bangun tidur. Buka gorden kamar untuk bikin cahaya matahari masuk dan ngebangunin lo secara otomatis. Alarm cuman jadi cadangan aja kalau-kalau lo masih susah bangun.

Pake alarm yang efektif

Sebagian besar alarm punya bunyi yang ngagetin. Entah karena emang suaranya yang kita setting kenceng, atau pilihan lagunya yang kurang ajar, kadang itu bisa bikin kita kaget dan kesel. Makin bikin pengen nge-snooze. Nah, untuk nyiasatin ini, lo bisa pake alarm simulator fajar yang menggunakan cahaya yang kecerahannya akan meningkat secara bertahap untuk bangunin lo sebelum alarm bunyi. Jadi nggak ada lagi deh kaget dan kesel di pagi hari.

Source : vice.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest