Follow Us

Riset Membuktikan Rasa Malas Itu Bisa Menular, Kurang-kurangin, Sob!

Dio Firdaus - Minggu, 17 Februari 2019 | 17:15
Overweight guy sitting on the couch with remote in hand trying to watch some TV.
iStockphoto

Overweight guy sitting on the couch with remote in hand trying to watch some TV.

HAI-Online.com - Belakangan hujan kembali mengguyur Jakarta dan biasanya yang namanya lagi sering ujan gini, mager pun langsung datang dan menghantui. Hayo ngaku siapa yang sering mager kalo lagi ujan?

Kamu tau nggak sih sob, kalo mager atau mala situ bisa nular loh ke orang yang ada di sekitar. Makanya sering kali ketika melihat orang bermalas-malasan, pasti kamu langsung ada hasrat untuk ikutan juga. Ternyata hal itu memang terbukti secara ilmiah loh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para psikolog dari French National Institute of Health and Medical Research mengungkapkan bahwa kemalasan dapat menular kepada orang lain.

Baca Juga : Bikin Diet Gagal, Ini 4 Kesalahan Orang Gemuk yang Mau Kurus Cuma Sesaat!

Nggak hanya kemalasan, ketidaksabaran, dan sikap skeptis juga bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Dalam proses penelitiannya, para peneliti, yakni Marie Devaine dan Jean Daunizeau meibatkan 56 partisipan dan meminta kepada mereka untuk menyelesaikan beberapa tugas yang dapat menguji ketiga sifat tersebut.

Dalam tugas pertama, partisipan diminta menggenggam sebuah alat. Semakin kuat genggaman mereka, semakin besar juga hadiah yang akan didapatkan.

Tugas kedua mengharuskan partisipan untuk memilih antara hadiah kecil setiap tiga hari atau hadiah besar setelah setahun menunggu.

Baca Juga : Mengapa Cewek Gemuk Gampang Bikin Happy daripada Cewek Langsing, Riset Ini Jawabannya!

Tugas yang terakhir, partisipan boleh memilih antara hadiah kecil dengan kemungkinan mendapatkannya sebesar 90 persen atau hadiah besar yang kemungkinan mendapatkannya hanya 10 persen.

Ketiga tugas ini dilakukan secara berulang. Sebelum dikerjakan oleh para peserta, peneliti memberitahu mereka hasil dari partisipan lainnya yang sudah melewati tugas tersebut.

Hasil penelitian yang diunggah dalam jurnal PLOS Computational Biology ini mengungkapkan bahwa manusia cenderung belajar dan mencoba untuk malas, tidak sabar, dan skeptis dari orang lain. Hasil ini hanya disadari oleh 19 persen partisipan.

“Kami telah menunjukkan bahwa sikap seseorang terhadap usaha, keterlambatan, dan resiko adalah hal yang ditiru dari orang lain,” tulis para peneliti. (*)

Artikel ini sebelumnya tayang lebih dulu di nationalgeographic.id dengan judul “Penelitian Mengungkapkan Bahwa Rasa Malas Dapat Menular Kepada Orang Lain

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest