Follow Us

Malas Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya dari Merokok, Aih!

Ricky Nugraha - Senin, 22 Oktober 2018 | 18:15
Ilustrasi olahraga
iStockphoto

Ilustrasi olahraga

HAI-online.com - Sering berolahraga nggak diragukan lagi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, orang yang nggak aktif berolahraga memiliki resiko kesehatan yang lebih buruk daripada merokok, penyakit diabetes dan jantung, loh!

Dokter spesialis jantung, Wael Jaber, pun terkejut saat mengetahui hasil studi terbaru ini dari efek nggak rutin berolahraga. Malas berolahraga berkolerasi dengan kematian dini.

"Kami belum pernah melihat sesuatu yang diucapkan seperti ini dan seobjektif ini," ucapnya. Peneliti mempelajari kembali hasil penelitian yang melibatkan 122.007 pasien yang menjalani tes treadmill di Cleveland Clinic antara 1 Januari 1991 dan 31 Desember 2014.

Tes tersebut bertujuan untuk mengukur penyebab kematian yang berkaitan dengan manfaat olahraga dan kebugaran. Sekitar 12 persen dari para peserta tersebut memiliki aktivitas olahraga yang paling rendah.

Baca Juga: Ngintip SKO Ragunan Jakarta, Tempat Lalu Muhammad Zohri Latihan Sambil Belajar

Para responden yang nggak melakukan hal maksimal pada tes treadmill ini punya risiko dua kali lipat gagal ginjal. Jika dibandingkan dari risiko mereka yang rutin olahraga dengan yang malas, sangat nyata bedanya.

Riset ini terbilang akurat karena tim peneliti terjun langsung untuk meneliti aktivitas olahraga peserta, bukan hanya sekedar menerima laporan. Jaber mengatakan bahwa olahraga aerobik direkomendasikan untuk membuat tubuh bugar dan hidup lebih lama.

Dokter kardiologi, Satjit Bhusri, juga membenarkan dengan mengatakan hasil riset tersebut memperkuat apa yang telah kita ketahui.

Menurutnya, gaya hidup pasif berisiko tinggi untuk penyakit jantung. Tapi, ini bisa kita ubah, tidak bersifat sementara. "Kita ditakdirkan untuk berjalan, berlari, berolahraga. Ini semua tentang bangkit dan bergerak," ucapnya.

Jadi, dari sekarang kalian harus mulai rajin berolahraga, sob. Jangan malas! (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest