Follow Us

Ini Alasan Kenapa Makanan yang Disajikan di Pesawat Rasanya Nggak Enak

Ricky Nugraha - Minggu, 03 Februari 2019 | 18:19
Makanan yang disajikan di pesawat
iStockphoto

Makanan yang disajikan di pesawat

HAI-online.com - Makanan yang disajikan dalam pesawat sering mendapatkan kritik karena rasanya yang nggak enak. Penasaran nggak sih kenapa bisa begitu?

Sebuah video yang diunggah oleh channel YouTube Cheddar memberikan penjelasannya.

Makanan dalam pesawat pertama kali disajikan tanggal 11 Oktober tahun 1919 di penerbangan Handley Page dari London ke Paris. Makanan yang disajikan kepada para penumpang berupa sandwich dan buah-buahan.

Kemudian di tahun 1936, United Airlines membuat inovasi pertama dengan menghadirkan dapur dalam pesawat yang dapat menyajikan makanan hangat kepada para penumpangnya.

Berbagai makanan mewah pun mulai ditambahkan pada menu di akhir tahun 50-an sampai awal 70-an. Namun, hanya orang-orang kaya yang bisa menikmati ini karena harga tiket pesawat yang menjadi mahal.

Baca Juga : Viral: Video Driver Gojek yang Dituduh Penumpang Melakukan Penculikan

Di tahun 1978, Presiden AS Jimmy Carter mengeluarkan UU Deregulasi Maskapai yang mengubah segala peraturan dalam industri pesawat terbang.

Para maskapai yang dulu mengatur rute dan harga tiketnya sendiri, kini harus patuh pada peraturan dengan menurunkan harga tiket mereka yang terlalu mahal menyesuaikan semua ongkos operasionalnya.

Namun, UU tersebut bukanlah alasan utama kenapa makanan di pesawat punya rasa yang buruk.

Rata-rata pesawat di masa kini, terbang dengan ketinggian 35.000 kaki dengan udara di dalam kabin di tekan agar sesuai dengan udara di ketinggian 6.000 sampai 8.000 kaki.

Udara dalam pesawat pun sangat kering, di mana hanya mengandung kadar kelembaban 20%, lebih kering dari Gurun Sahara yang memiliki kelembaban 25%.

Baca Juga : Mengenal Filosofi dan Cara Salam Dari Tradisi Tionghoa

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest