Follow Us

Kenapa Sih Badan Bisa Merinding Saat Kencing? Ini Dia Jawabannya

Ricky Nugraha - Selasa, 08 Januari 2019 | 16:33
Ilustrasi cowok lagi buang air kecil
iStockphoto

Ilustrasi cowok lagi buang air kecil

HAI-online.com - Saat kencing atau buang air kecil, mungkin kalian pernah merasakan getaran di seluruh tubuh bahkan sampai bikin bulu kuduk merinding.

Nah, kira-kira apa sih yang menyebabkan terjadinya hal ini? Tenang sob, karena yang kalian alami ini sebenarnya wajar dan dapat dijelaskan secara ilmiah.

Melansir Hello Sehat, penyebab sekujur tubuh merinding saat kencing adalah kombinasi antara perubahan suhu tubuh, kerja sistem saraf, dan perubahan tekanan darah sekaligus dalam satu waktu.

Urine atau air kencing memang memiliki suhu yang relatif hangat. Saat kita kencing, suhu inti tubuh ikut menurun karena air hangat yang dikeluarkan dari tubuh.

Perubahan suhu secara mendadak ini kemudian memicu tubuh menyalakan refleks merinding sebagai cara alami untuk kembali menghangatkan tubuh.

Baca Juga : Awan Morning Glory, Fenomena Unik Langka yang Cuma Ada di Australia

Itu lah kenapa badan kita bisa bergidik atau gemetar dalam detik-detik pertama selama tubuh mengeluarkan urine.

Selain karena perubahan suhu tubuh, Live Science juga pernah melaporkan ada hal lain yang jadi penyebabnya.

Dokter spesies urologi Simon Fulford yang praktek di James Cook University Hospital, Inggris, mengatakan bahwa kerja sistem saraflah yang sebetulnya jadi dalang utama di balik munculnya sensasi merinding saat buang air kecil.

Proses buang air kecil nggak cuma karena ingin, tapi diatur oleh pusat kendali otak bernama ANS yang mengendalikan fungsi tubuh otomatis, seperti pengaturan suhu tubuh dan detak jantung.

Lewat serangkaian proses yang melibatkan beberapa sistem saraf, otak kemudian akan memicu kontraksi otot kandung kemih agar mulai mendorong urine keluar dari tubuh.

Source : Kompas.com, Live Science

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular