Follow Us

Wah, Ternyata Susu Laba-laba Ini Memiliki Protein 4 Kali Lebih Banyak dari Susu Sapi

Ricky Nugraha - Sabtu, 01 Desember 2018 | 14:23
Toxeus magnus
Chen Zhanqi

Toxeus magnus

HAI-online.com - Spesies mamalia memang dikenal punya cara untuk memberikan asupan gizi kepada anaknya yaitu dengan menyusui.

Namun nggak cuma mamalia, ternyata ada juga jenis laba-laba menyusui seperti yang ditemukan oleh para ilmuwan di Akademi Ilmu Pengetahuan Cina di Yunnan baru-baru ini.

Dalam laporan di jurnal Science, para ilmuwan menyebut bahwa spesies tersebut adalah laba-laba pelompat yang biasanya ditemukan di Taiwan. Mereka hidup di sarang dan memiliki bentuk seperti semut.

Saat diamati, laba-laba bernama ilmiah Toxeus magnus tersebut memberi makan anak-anaknya dengan zat mirip susu yang diberikan melalui spiderlings.

Ketika anak laba-laba menetas, mereka sepenuhnya bergantung pada nutrisi dari susu laba-laba yang disekresikan dan diberikan oleh induk mereka.

Baca Juga : 5 Kali Lebih Kuat dari Besi, Apa Rahasia Jaring Laba-Laba Ini?

Toxeus magnus
Science/AAAS

Toxeus magnus

Para peneliti juga menemukan fakta bahwa susu laba-laba ini mengandung hampir empat kali lipat protein dari susu sapi.

Para ilmuwan mengamati bahwa spiderling pertama kali diminum dari tetesan susu laba-laba yang tertinggal di permukaan sarang. Selanjutnya, mereka menghisap langsung dari induknya.

Induk laba-laba ini terus merawat dan menyusui anak-anaknya selama 40 hari. Setelah itu, anakan laba-laba dianggap sudah bisa mencari makan sendiri dan telah mencapai kematangan seksual.

Menurut para peneliti, susu ini mungkin nggak penting bagi kelangsungan hidup anak laba-laba. Hanya saja, zat ini berfungsi meningkatkan kesehatan mereka secara keselurunan dan kemungkinan bertahan hidup hingga dewasa.

Source : Kompas.com, guardian

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest