Follow Us

Tips Buat First Jobber. Ini 5 Pertanyaan Buat Nyerang Balik Sang HRD Saat Interview

HAI Internship - Kamis, 17 Januari 2019 | 12:39
Ilustrasi ketika interview
Freepik

Ilustrasi ketika interview

Hai-Online.com - Bagi para first jobber, sesi interview merupakan sesi yang paling deg-degan. Biasanya nih, di sesi ini kita udah siap banget dari rumah menyediakan jawaban yang sekiranya bakal ditanyakan oleh HRD lo nanti. Namun kenyataannya, saat sesi interview dimulai semuanya jauh dari ekspetasi yang udah lo siapkan. Alhasil ketika interview biasanya lo cenderung diam, nggak banyak ngomong, dan cuma ngomong kalo ditanya. Ini mah calon karyawan yang biasa banget, dan nggak ada nilai plusnya.

Ketika interview, jangan cuma bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan template dari HRD lo. Percuma Sob, walaupun jawaban lo bagus dan meluas, nampaknya setiap HRD, juga punya ramuan penilaian sendiri ketika sedang melakukan sesi interview. Seorang HRD nggak cuma pengen mendengar jawaban lo aja, tapi doi juga pengen tau rasa inisiatif dan keingintahuan lo sampai dimana dengan perusahaan yang lagi lo apply.

So, manfaatin deh tuh kesempatan ketika sang HRD selesai menanyakan tentang diri lo dan tentang pengalaman lo, biasanya di akhir interview bakal ada pertanyaan "Ada yang mau ditanyain?".

Kali ini HAI kasih tau nih 5 pertanyaan yang bisa lo ajukan ke HRD di sesi akhir interview.

Ilustrasi saat interview
Google

Ilustrasi saat interview

1. "Apa ya Pak/Bu expect ke saya di 90 hari pertama saya kerja?"

Nah, dengan lo nanya gini itu sama aja nunjukin kalo lo mau berkontribusi secara cepat dan mau kasih perbedaan tertentu di kerjaan, posisi, dan divisi lo nantinya.

ilustrasi tim yang baik

ilustrasi tim yang baik

2. "Kira-kira apa ya Pak/Bu satu atau dua hal yang bener-bener bisa disebut sebagai hasil di perusahaan ini?"

Ketika lo melemparkan pertanyaan ini, sang HRD pasti langsung antusias sama semangat kerja lo, karena ini nunjukin kalo lo mau tau ukuran keberhasilan atau target kesuksesan nilai karyawan di perusahaan ini. Dan jangan lupa juga untuk menanyakan impact seperti apa, karena good employees pasti udah paham kalo dirinya berkontribusi untuk perusahaannya sampai sukses, itu juga berarti kesuksesan untuk dirinya sendiri.

Ilustri performa yang baik

Ilustri performa yang baik

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest