Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Begini Nih Cara Tim MotoGP Bikin Irit Bensin Motor Saat Balapan

Ricky Nugraha - Selasa, 01 Januari 2019 | 20:00
Mekanik Yamaha mengisi bahan bakar motor YZR-M1
MCN

Mekanik Yamaha mengisi bahan bakar motor YZR-M1

HAI-online.com -Jumlahbahan bakarminyak yang dipakai di motorMotoGPuntuk sekali balapannggak sembarangan. Sebab semuanya diatur nggakboleh terlalu banyak dan nggak boleh terlalu sedikit.

Banyaknya bahan bakar harus sesuai aturan, dan apabila terlalu sedikit jumlahnya, bensin bisa saja habis sebelum balapan usai.

Sepertidialami Johann Zarco (Tech3) diMotoGPSan Marino 2017 yang harus mendorong motornya hingga garis finis karena kehabisan bensin.

Kesialan Johann Zarcoini bisa jadi karena jumlah BBMyang kurang sejak awal, atau karena bensinnya yang terbakar terlalu banyak saat balapan.

Baca Juga : Udah Dipake Sejak 1996, Ini Makna Filosofis Logo Bulan dan Matahari Milik Valentino Rossi

Johann Zarco mendorong motornya ke garis finish

Johann Zarco mendorong motornya ke garis finish

Para mekanik sebenarnya sudah memperhitungkan pemakaian bahan bakar untuk balapan. Karena ada batasan bensin yang dipakai, mekanik dengan cermat memperhitungkannya dan membuat agar irit.

Cara yang biasa digunakan mekanikuntuk menghemat pemakaian bahan bakaradalah denganmenggunakan penutup aluminium foil pada tangki sebelum balapan.

Pemasangan penutup aluminium foil ini agar suhu bensin tetap terjagadan nggak terlalu kepanasan. Alumunium foil menyerap panas sehingga bensin yang dipakainggak mudah menguap.

Selain itu, ada aturan yang mengatur suhu bahan bakar saat dimasukkan ke tangki. Suhunya harus lebih dingin 15 derajat celcius dibanding suhu udara sekitar.

Baca Juga : Siapa Sih Pembalap MotoGP dengan Penghasilan Terbesar Saat Ini?

Hal tersebut untuk menghindari menguapnya bensin secara berlebih yang dapat mengakibatkan jumlah bensin berkurang.

Selain itu, ada teknik lainseperti yang dipakaioleh mekanikValentino Rossi.

Tangki pada motorMotoGPmemiliki selang hawa dengan tabung penampung bensin jika tangki terlalu penuh.

Namun, jika sudah masuk ke tabung penampungmaka bensin nggak akan bisa kembali ke tangki untuk jadibahan bakar.

Untuk itu, mekanik Rossi memilih menutup tabung ini sebelum balapan dimulai. Ada tuas yang disiapkan untuk buka tutup katup sebelum motor dipakai balapan. Katup ini memastikan seluruh bensin di tangki siap sampai balapan dimulai.

Source :GridOto.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular

x