Follow Us

Begini Nih Cara Tim MotoGP Bikin Irit Bensin Motor Saat Balapan

Ricky Nugraha - Selasa, 01 Januari 2019 | 20:00
Mekanik Yamaha mengisi bahan bakar motor YZR-M1
MCN

Mekanik Yamaha mengisi bahan bakar motor YZR-M1

HAI-online.com - Jumlah bahan bakar minyak yang dipakai di motor MotoGP untuk sekali balapan nggak sembarangan. Sebab semuanya diatur nggak boleh terlalu banyak dan nggak boleh terlalu sedikit.

Banyaknya bahan bakar harus sesuai aturan, dan apabila terlalu sedikit jumlahnya, bensin bisa saja habis sebelum balapan usai.

Seperti dialami Johann Zarco (Tech3) di MotoGP San Marino 2017 yang harus mendorong motornya hingga garis finis karena kehabisan bensin.

Kesialan Johann Zarco ini bisa jadi karena jumlah BBM yang kurang sejak awal, atau karena bensinnya yang terbakar terlalu banyak saat balapan.

Baca Juga : Udah Dipake Sejak 1996, Ini Makna Filosofis Logo Bulan dan Matahari Milik Valentino Rossi

Johann Zarco  mendorong motornya ke garis finish
MotoGP.com

Johann Zarco mendorong motornya ke garis finish

Para mekanik sebenarnya sudah memperhitungkan pemakaian bahan bakar untuk balapan. Karena ada batasan bensin yang dipakai, mekanik dengan cermat memperhitungkannya dan membuat agar irit.

Cara yang biasa digunakan mekanik untuk menghemat pemakaian bahan bakar adalah dengan menggunakan penutup aluminium foil pada tangki sebelum balapan.

Pemasangan penutup aluminium foil ini agar suhu bensin tetap terjaga dan nggak terlalu kepanasan. Alumunium foil menyerap panas sehingga bensin yang dipakai nggak mudah menguap.

Selain itu, ada aturan yang mengatur suhu bahan bakar saat dimasukkan ke tangki. Suhunya harus lebih dingin 15 derajat celcius dibanding suhu udara sekitar.

Baca Juga : Siapa Sih Pembalap MotoGP dengan Penghasilan Terbesar Saat Ini?

Hal tersebut untuk menghindari menguapnya bensin secara berlebih yang dapat mengakibatkan jumlah bensin berkurang.

Selain itu, ada teknik lain seperti yang dipakai oleh mekanik Valentino Rossi.

Tangki pada motor MotoGP memiliki selang hawa dengan tabung penampung bensin jika tangki terlalu penuh.

Namun, jika sudah masuk ke tabung penampung maka bensin nggak akan bisa kembali ke tangki untuk jadi bahan bakar.

Untuk itu, mekanik Rossi memilih menutup tabung ini sebelum balapan dimulai. Ada tuas yang disiapkan untuk buka tutup katup sebelum motor dipakai balapan. Katup ini memastikan seluruh bensin di tangki siap sampai balapan dimulai.

Source : GridOto.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest