HAI-Online.com -Pada pertemuan komisi Grand Prix di Madrid (30/11) lalu, disepakati beberapa perubahan regulasi MotoGP 2019.
Pertemuan itu dihadiri beberapa pejabat MotoGP, Paul Duparc (FIM), Takanao Tsubouchi (MSMA), Mike Trimby (IRTA), Carlos Ezpeleta (CEO Dorna Sports), Corrado Cecchinelli (direktur teknologi), Mike Webb (race director) and Danny Aldridge (direktur teknis).
Selain perubahan, ada juga regulasi baru untuk MotoGP musim depan. Cekidot!
Baca Juga : Jangan Sembarangan! Nama RC211V, RC212V, RC213V MotoGP Ada Artinya
Hasil balap
Sebelumnya, untuk bisa finis, pembalap dan motornya harus tetap bersentuhan saat melewati garis finis.
Artinya gagal finis jika pembalap dan motornya terpisah, bisa karenacrashdi depan garis finis atau sebab lainnya.
Ke depannya, penentuan hasil balapan ditentukan salah satu bagian (antara pembalap dan motornya) yang terakhir melewati garis finis.
Jadi kalo pemabalapcrashtepat sebelum finis, maka penentuan posisi finis berdasarkan bagian terakhir yang melewati garis finis.
Baca Juga : Tidak Sedang Berlomba, Lewis Hamilton Kecelakaan Motor di Spanyol
Kedua bagian (pembalap dan motor) harus sama-sama melewati garis finis.
Pembalap pengganti
Kadang-kadang seperti yang terjadi di kelas Moto2 dan Moto3, tim bakal mengganti pembalap cedera dengan pembalap yang juga punya kontrak dengan pembalap di kejuaraan lain.
Misalkan pembalap dari FIM CEV, Dimas Ekky tampil menggantikan Bo Bendsneyder di Moto2 Malaysia beberapa waktu lalu.
Di musim 2019, pembalap punya syarat lain agar bisa menjadi pembalap pengganti.
Pembalap pengganti itu nggak boleh melakukan aktivitas balap lain di sirkuit yang sama dalam waktu 14 hari sebelumGrand Prix di mana doi tampil sebagai pengganti.
Aturan pembalap kembali race setelah berhenti
Kriteria pembalap yang boleh balapan lagi usai terhenti (mengamicrashatau semacamnya)semakin jelas.
Para pembalap boleh meminta dan mendapat bantuan darimarshal buat ngidupin lagi motornya dan balapan kembali.
Jadi pembalap bisa langsung lanjut dengan bantuanmarshalatau kembali kepit buatganti motor setelahcrash.
Namun, FIM MotoGP Stewards bakal nentuin pembalap 'aktif' yang masih layak kembali balap.
Ini untuk menanggulangi kemungkinanoverlapingyang akan berbahaya jika terjadi di MotoGP.
Kalo bisa ngelanjutin balapan tapi kemungkinan di-overlappembalap lain maka kemungkinan Stewards nggak bakal ngasih izin.
Menyalip saat bendera kuning
Ketika ada penalti muncul karena menyalip saat bendera kuning berkibar, pemberitahuan adanya penalti bakal dikasih tahu ke pembalap lewat dasbor motor selama tiga lap.
Sebelumnya notifikasi itu ditampilin selama lima lap.
Menyalakan mesin
Untuk urusan keselamatan, sekarang nggak boleh nyalain mesin motor di dalam garasi di saat apapun.
Mesin harus dihidupkan di luar garasi.
Gelar Resmi Rekor Lap Sirkuit dan Rekor Lap Balap
Rekor lap sirkuit dan rekor lap balap dua hal yang dianggap sama tapi sebenarnya berbeda.
Rekor lap sirkuit sepanjang masa adalah waktu tercepat dalam sejarah di semua sesi GP, baik mulai yang tercatat di tes, latihan, kualifikasi, hingga balapan.
Sedangkan rekor lap balap adalah waktu terbaik yang tercatat saat sesi balapan doang.
Baca Juga : 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton MotoGP Valencia. Salah Satunya Balapan Terakhir Dani Pedrosa
Poin Konsensi
Sebelumnya hak konsesi cuma berlaku dalam semusim.
Poin konsesi yang dikumpulkan hanya berlaku semusim, setelahnya bakal hangus dimulai dari nol lagi.
Untuk musim depan, poin konsesi akan hangus setelah dua musim.
Misalnya, KTM memperoleh poin konsesi pada MotoGP 2018 lalu, poin itu masih berlaku untuk musim depan.
Generator Listrik di Grid
Sekarang ada batasan generator listrik yang boleh dibawa kegrid.
Maksimal cuma 2 kW aja dan harus dibawa dalam satu rangkaian dengan kotak peralatan, roda cadangan, dan peralatan lainnya.
Baca Juga : Lama Nggak Balapan, Rio Haryanto Berangkat Ke Shanghai-China
Mesin Moto2
Seperti yang diketahui, Moto2 2019 bakal pake mesin dari Triumph.
Sementara cuma beberapa poin yang sudah ditentukan dalam regulasi kelas Moto2, ke depannya akan segera di-updatebeberapa regulasi teknis di Moto2.
Alokasi Ban
Untuk kelas MotoGP, ada ubahan alokasi untuk ban hujan.
Sebelumnya tiap pembalap cuma dikasih 11 ban hujan, musim 2019 akan dikasih 13 ban.
Terdiri dari 6 ban depan dan 7 ban belakang.
Untuk kelas Moto2 dan Moto3, nggak ada batasan ban hujan.
Aturan Penalti adalah mutlak
Ada beberapa penalti yang nggak bisa dibanding oleh pembalap maupun tim.
Penalti yang dimaksud utamanya penalti yang diberikan saat balapan masih berlangsung.
Misalnya saja mundur posisi,ride through(melaju dipit), dan lainnya.
Itu karena waktu yang terbatas saat balapan, hukuman yang diberikan saat balapan berlangsung akan mengganggu balapanjika diprotes oleh tim atau pembalap. (*)