Nggak Kerasa udah Umur 10 Tahun, 5 Rekomendasi Lagu Metal Rilisan 2012

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:05
Wikimedia

5 rekomendasi lagu metal yang dirilis tahun 2012 pilihan HAI

HAI-ONLINE.COM – Waktu emang kadang terasa cepet banget, kayaknya baru kemarin dunia digegerkan dengan isu kiamat di tahun 2012. Daripada bahas konspirasi jadul tentang akhir zaman, mending simak nih rekomendasi lagu metal rilisan tahun 2012!

  1. Every Time I Die – ‘Underwater Bimbos from Outer Space’
Pada awal tahun 2012 tepatnya tanggal 3 Januari, band metalcore/post-hardcore Every Time I Die mengumumkan akan merilis album keenamnya bertajuk ‘Ex Lives’.

Bebarengan dengan pengumuman itu, mereka juga merilis video klip single ‘Underwater Bimbos from Outer Space’ yang disutradarai oleh sang vokalis yaitu Keith Buckley.

“Video klip lagu ini menampilkan banyak sekali potret-potret mengejutkan yang sangat match secara sempurna dengan brutalitas trek ini. Untuk lirik lagu ini, gue mencoba untuk menuliskan hal ini kepada diri sendiri karena lo nggak akan dihargai atas kepercayaan lo dan lo nggak dirayakan atas sikap heroik lo,” ujar Buckley melansir dari Blabbermouth.

Baca Juga: Baru Banget Rilis Album, Every Time I Die Akhirnya Mereka Die Beneran Alias Bubar Jalan!

  1. Converge – ‘Aimless Arrow’
Pada Januari 2012, legenda metalcore/metallic hardcore Converge berhasil merampungkan penulisan album kedelapannya yang bertajuk ‘All We Love We Leave Behind’.

Nggak lama berselang, gitaris Kurt Ballou mengumumkan kalo Converge akan memulai sesi rekaman di bulan yang sama juga.

Tujuh bulan setelahnya, di bulan Agustus mereka meluncurkan video klip untuk single ‘Aimless Arrow’ yang disutradarai oleh Max Moore.

Baca Juga: 5 Band Modern Metalcore Rekomendasi HAI, Fans Architects Merapat!

  1. Chelsea Grin – ‘Lilith’
Setelah dikeluarkan dari Born of Osiris di tahun 2012, gitaris jagoan Jason Richardson didapuk menjadi gitaris band deathcore, Chelsea Grin (sekarang udah cabut juga dan jadi gitaris All That Remains).

EP ‘Evolve’ menjadi penanda masuknya salah satu gitaris modern metal paling bahaya abad ini ke dalam tubuh Chelsea Grin.

EP ini dirilis pada tanggal 19 Juni 2012 dan single yang menceritakan tentang sosok iblis perempuan, ‘Lilith’ menjadi salah satu trek yang memorable di dalamnya.

  1. Enslaved – ‘Thoughts Like Hammer’
Unit progressive black metal Norwegia, Enslaved kembali dengan album keduabelas mereka, ‘RIITIIR’ yang dirilis pada September 2012.

Salah satu lagu dari album ini adalah 'Thoughts Like Hammers' yang mengambil perspektif filosofis pada ritual dan filsafat sebagai 'mesin perubahan’. Mereka menganggap banyak orang banyak bertarung dengan jiwa mereka dan sisi psikologis dari ritual.

“Kami punya banyak sudut pandang yang fokus kepada hal-hal itu, karena terbukti ini cukup penting. Psikologi memegang kunci untuk banyak hal-hal lain. Kami nggak menyimpulkan, kami bertanya dan mengeksplor pertanyaan , apakah ritual ini diperuntukkan bagi perubahan fisik dunia, untuk memutarbalikkan realitas, atau lebih ke percobaan merubah persepsi?” tukas gitaris Ivan Bornson melansir dari The Obelisk.

  1. Between the Buried and Me -'Astral Body'
Dengan jadwal tur yang ekstensif, unit proggressive metal/avant garde metal, Between the Buried and Me (BTBAM) menyempatkan untuk merilis album yang brilian bertajuk 'The Parallax II: Future Sequence’.

‘Astral Body’ menjadi salah satu trek andalan di album ini yang mengangkat tema raga sukma alias out of body experience dalam lagu yang berdurasi lebih singkat dari lagu BTBAM pada umumnya (5 menit doang).

Lagu ini memberikan nutrisi untuk telinga dengan memberikan suguhan technical death metal yang progresif namun punya chorus lebih easy listening dan terkesan lebih ceria dari katalog mereka lainnya.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya