Follow Us

Peraturan Baru Soal Registrasi Kartu Prabayar Makin Ribet Aja Nih

Bayu Galih Permana - Minggu, 09 Desember 2018 | 16:19
Ilustrasi SIM Card
iStockphoto

Ilustrasi SIM Card

HAI-Online.com - Beberapa bulan yang lalu Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat mengeluarkan aturan bahwa satu Nomor Induk Kependidikan (NIK) hanya bisa digunakan untuk 3 nomor saja.

Hal tersebut dilakukan Kominfo guna menekan angka penyalahgunaan kartu SIM, seperti untuk tindak penipuan ataupun melakukan SMS spam.

Aturan itu pun langsung menuai protes dari banyak orang hingga akhirnya Kominfo memutuskan bahwa satu NIK bisa digunakan untuk mendaftarkan lebih dari 3 nomor kartu SIM dan nggak memiliki batasan.

Bahkan, dalam peraturan tersebut, pelanggan hanya perlu melapor ke operator telekomunikasi supaya bisa melakukan registrasi lebih dari 10 nomor, enak banget kan?

Baca Juga : Ayah Khabib Nurmagomedov Bocorin Tanggal dan Lokasi Duel Anaknya dengan Floyd Mayweather

Tapi jangan seneng dulu sob karena peraturan tersebut nampaknya bakalan segera diganti dengan regulasi baru dan bahkan terbilang jauh lebih ketat daripada sebelumnya.

Menurut Surat Edaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 01/2018 dan Surat Ketetapan BRTI No. 3/2008 yang terbit pada 21 November lalu, pengguna hanya bisa melakukan registrasi tiga nomor kartu SIM untuk tiap operatornya.

Selain itu, pelanggan yang meminta bantuan agen penjual dalam melakukan registrasi kartu SIM wajib menunjukkan e-KTP, Kartu Keluarga (KK) asli, dan membuat pernyataan hitam di atas putih lengkap dengan materai.

Untuk menyukseskan peraturan tersebut, beberapa operator di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, maupun XL mengaku siap menaati dan menyukseskan regulasi baru soal registrasi kartu prabayar tersebut.

Gimana menurut kalian, apakah regulasi baru ini nantinya bakal berdampak positif terhadap industri telekomunikasi di Indonesia? (*)

Source : Nextren.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular