Follow Us

Selamat Hari Pangan Sedunia, Begini Fakta Mengonsumsi Nasi yang Dipanaskan Berulang Kali

Al Sobry - Selasa, 16 Oktober 2018 | 13:47
Selamat Hari Pangan Sedunia, Begini Fakta Mengonsumsi Nasi yang Dipanaskan Berulang Kali
Natgeo ID

Selamat Hari Pangan Sedunia, Begini Fakta Mengonsumsi Nasi yang Dipanaskan Berulang Kali

HAI-Online.com – Setiap tanggal 16 Oktober, hari pangan sedunia diperingati. Yuk perhatikan makanan sehari-hari kita, salah satunya nasi yang dipanaskan berulang kali!

Pada saat sedang malas menghabiskan waktu untuk memasak di dapur, kita seringkali memilih memanaskan kembali beberapa sisa makanan yang kita miliki di dapur.

Namun, banyak pendapat beredar memanaskan nasi atau makanan berbahan nasi bisa membahanyakan kesehatan lho.

Baca Juga : 10 Makanan Aneh Tapi Dianggap Lezat oleh Berbagai Negara di Dunia

Nasi yang dipanaskan secara berulang setelah disimpan dalam udara ruangan dipercaya dapat menyebabkan keracunan makanan. Lalu, apa kata para ahli mengenai hal ini?

Menurut NHS, dilansir HAI dari Intisari, nasi dapat dipanaskan kembali setelah dimasak, tetapi tidak dalam jangka waktu yang lama.

Nasi memang sebaiknya segera dimakan setelah dimasak. Namun, jika kita tak langsung memakannya, pastikan tidak menyimpannya terlalu lama.

Jangan simpan nasi lebih dari satu hari sebelum memanaskannya kembali.

Pakar gizi, Jansen Ongko, MSc, RD, mengatakan bahwa tidak ada efek signifikan mengenai jangka waktu pemanasan nasi di dalam magic jar dengan kesehatan.

"Selama tidak terkontaminasi dan disimpan dengan baik, nasi aman untuk dikonsumi," ucap Jansen lebih lanjut.

Mengenai kadar gula dalam nasi, seorang peneliti dari Wageningen University, Prof. Edith Feskens, mengatakan bahwa nasi yang lengket atau dimasak lama, memang memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan nasi yang kering.

Sementara itu, Jansen mengatakan bahwa indeks glikemik hanya berbahaya bagi pasien diabetes.

Memasak nasi tidak selalu membunuh bakteri. Jadi, ketika nasi dibiarkan dingin pada suhu kamar, bakteri Bacillus cereus dapat berkembang biak dan berbahaya jika dikonsumsi.

Jika kita mengalami keracunan makanan setelah mengonsumsi nasi yang dipanaskan, kemungkinan besar ini disebabkan oleh adanya bakteri Bacillus Cereus.

Bakteri ini penyebab gejala mual, muntah dan diare. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest