Follow Us

Bedanya Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional

Rizki Ramadan - Jumat, 05 Oktober 2018 | 14:52
Setiap 5 Oktober dirayakan Hari Guru Sedunia
Pexel

Setiap 5 Oktober dirayakan Hari Guru Sedunia

HAI-online.com – Tahukah kamu, dalam satu tahun ini, kita dua kali merayakan hari guru, lho. Pertama, hari guru sedunia yang dirayakan tiap 5 Oktober (Hari ini banget, bro) dan hari guru nasional yang dirayakan pada 25 November.

Anyway, lo harus tau perbedaan kedua hari peringatan tersebut.

Hai cerita dari Hari Guru Sedunia dulu. Hari peringatan ini dimulai sejak 1994 oleh UNESCO dan Education International (IE). Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia sekaligus ngasih tau ke mereka bahwa profesi guru itu penting banget untuk setiap generasi.

Lo setuju dong kalau dengan pendidikan dan pengetahuan itu bisa bikin kita berkembang? Nah, dari guru lah kita dapet banyak pembelajarannya.

Selain itu, terselip juga harapan dari peringatan ini agar kualitas guru terus membaik

Tiap tahunnya, kampanye Hari Guru Sedunia ngangkat tema yang berbeda-beda. Nah, di tahun 2018 ini temanya adalah “Hak atas pendidikan berarti hak untuk mendapatkan guru berkualitas”

Sekarang ini sudah ada lebih dari 100 negara yang ikut merayakan Hari Guru Sedunia tiap tahunnya.

Baca Juga : Ada Sekitar 100 ribu siswa dan 20 ribu Guru Terdampak Gempa Palu

Hari Guru Nasional

Sejumlah negara mencanangkan Hari Guru Nasionalnya masing-masing. Misalnya, Amerika Serikat yang jatuh pada minggu pertama Mei, Argentina pada 11 September, Hong Kong pada 10 September, dan Korea Selatan pada 15 Mei.

Indonesia juga punya Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia.

PGRI sudah berdiri sejak 1945 sebenarnya, tapi baru pada 1994, pemerintah lewat Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sekaligus jadi Hari Guru Nasional. Penetapan ini pun ditegaskan lagi lewat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Tujuannya sama dengan Hari Guru Sedunia, untuk mengapresiasi, mendukung, serta mendorong kualitas guru Indonesia. Tujuan akhirnya, agar pendidikan kita bisa lebih maju lagi.

Gitu, bro! Anyway, ceritain dong guru yang paling lo suka selama sekolah ini. Share di kolom komentar yah.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest