Follow Us

Alasan Makanan Manis Bisa Bikin Laper Terus. Yang Lagi Diet Perlu Tahu, Nih

Rizki Ramadan - Jumat, 05 Oktober 2018 | 17:25
Donat
Pexels

Donat

HAI-online.com - Ada dua jenis makanan yang nggak dianjurkan kalau lo mau diet. Karbohidrat dan makanan manis berlebihan.

Keduanya adalah jenis makanan yang emang susah banget ditinggal.

Kalau lo lagi diet dan cuma bisa milih satu jenis makanan yang dipantang, maka jauhilah makanan manis.

Soalnya, makanan dan minuman manis itu nggak cuma tinggi kalorinya aja tetapi juga bikin kita laper terus walau pun perut udah terisi banyak.

“Ternyata ketika kita makan (makanan dan minuman yang mengandung) gula, tubuh akan menekan hormon leptin. Ketika hormon leptin itu ditekan, maka sebenarnya dia menghentikan rasa kenyang di dalam tubuh kita. Sehingga seolah-olah rasanya kita lapar terus,” papar Prof. Ali Khomsan, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB)

Untuk yang belum tahu, Leption adalah hormon dalam darah yang mengalir ke otak. Tugas Leptin adalah ngasih tahu otak bahwa tubuh sudah dapet nutrisi dan sumber energi yang cukup. Singkatnya, leptin-lah yang ngasih tanda kalau kita udah kenyang.

Jadi, kalo leptin kita ditekan oleh makanan manis, maka sinyal bahwa kita udah kenyang nggak sampe ke otak. Prof. Ali Khomsan bilang kalau itulah yang bikin orang banyak yang suka ngemil.

“Ini karena perut kita seolah-olah tidak ada remnya yang mengatakan bahwa kita sebenarnya sudah cukup kenyang,” ujar Prof. Ali Khomsan.

Baca Juga : 5 Makanan dan Minuman Ini Konon Bikin Kita Bahagia, Coba Deh!

Batasi makanan manis yuk

Kalo lo emang mau menjaga atau menurunkan berat badan, makanan manis perlu banget lo jauhi. Tapi, bukan berarti harus dihindari banget yah.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, batas konsumsi gula dalam sehari adalah 50 gram, setara 4 sendok makan.

Satu hal yang perlu kamu tahu adalah, gula itu bukan cuma gula pasir, tapi juga madu, sirup, dan rasa manis di makanan kemasan serta kue

Kendalikan gula kendalikan dirilo

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest