Follow Us

Puasa, Kok, Gemuk? Ini 7 Cara Diet yang Cocok di Bulan Puasa

Rian Sidik - Jumat, 25 Mei 2018 | 17:00
Menu diet karbohidrat
https://asset.kompas.com/data/photo/2016/03/30/1035489ThinkstockPhotos-515598300780x390.jpg

Menu diet karbohidrat

HAI-Online.com - Dari dulu mau diet tapi belum juga kesampaian? Bulan Ramadan ini bisa jadi momen yang tepat,lho. Pasalnya banyak orang justru berat badannya naik selama puasa. Jadi, kenapa nggak diet sekalian?

Nah, supaya bisa tampil prima ketika hari raya tiba nanti, simak cara menurunkan berat badan saat puasa yang aman dengan tujuh strategi berikut ini.

1. Perbanyak makan serat dan protein saat sahur dan buka

Saat menyantap sahur dan buka puasa, pastikan menunya kaya akan serat dan protein. Daripada makanan tinggi kalori, serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Kamu pun bisa merasa kenyang sepanjang hari tanpa kelaparan selama puasa.

Makanan tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan sehingga ketika waktunya makan malam setelah berbuka puasa, kamu tidak kalap dan malah kebanyakan makan.

2. Hindari makanan dan minuman manis

Meski orang umumnya berbuka puasa dengan makanan yang serba manis untuk mengembalikan energi, tapi jangan terlena sampai kebanyakan. Terlalu banyak makanan dan minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh, sehingga mengacaukan diet. Saat berpuasa, produksi insulin tubuh menurun.

Padahal insulin berfungsi untuk mengubah gula jadi sumber energi. Jika gula nggak diubah jadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Inilah mengapa makan hidangan manis saat berpuasa bisa bikin gemuk.

Maka, lebih baik pilih makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi. Misalnya dari buah, sayur, dan nasi merah.

UDAH TAU BELUM? Malas Sikat Gigi? 4 Penyakit Ini Bakal Menghantui, Bahkan Bisa Stroke!

3. Tetap olahraga

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular