Follow Us

Waduh, Karya Banksy Dianggap Meniru Gambar Ilustrasi Kartunis Ini

Ricky Nugraha - Rabu, 05 September 2018 | 16:26
Karya Cinders McLeod dan Banksy
designtaxi.com

Karya Cinders McLeod dan Banksy

HAI-online.com - Kartunis bertema politik asal Toronto, Cinders McLeod, merasa familiar dengan karya-karya Banksy setelah ia mengunjungi pameran The Art of Banksy.

Saat berkunjung, ia melihat beberapa karya yang dia anggap terinspirasi dari karya-karya buatannya di akhir tahun 90-an hingga awal 2000-an.

Empat dari karya Banksy dalam pameran tersebut nampak memiliki kemiripan yang mencolok dengan gambar-gambar kartun yang Cinders buat selama masih bekerja di koran The Glasgow Herald sebagai ilustrator.

Kemudian, Cinders melakukan riset kembali dan menemukan bahwa nggak cuma 4, namun 16 ilustrasi miliknya mirip dengan karya Banksy.

Dia juga mengungkapkan rasa khawatirnya apabila orang lain nantinya akan mengira bahwa karya-karyanya dianggap meniru Banksy.

BACA JUGA: Makna 3 Karya Mural Baru Banksy Selama 2018 Ini

"Yang aku rasakan adalah bahwa aku merasa frustrasi karena aku mungkin akan nggak bisa menjual atau menampilkan karya-karya buatanku di masa depan."

"Karena orang-orang mungkin akan berpikir bahwa aku mungkin meniru Banksy, walaupun mungkin pada kenyataannya, Banksy yang meniru karyaku," ungkap kartunis wanita ini.

Cinders McLeod menambahkan bahwa ini bukanlah masalah uang, namun integritas.

Ia juga menyampaikan bahwa para seniman pada umumnya mendukung satu sama lain dengan memberikan kredit pada sumber aslinya.

Dan ia juga berharap hal yang sama kepada seorang seniman yang peduli akan hal-hal sosial seperti Banksy.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular