Follow Us

Makna 3 Karya Mural Baru Banksy Selama 2018 Ini

Rizki Ramadan - Senin, 19 Maret 2018 | 05:45
karya bansky selama 2018
Rizki Ramadan

karya bansky selama 2018

HAI-online.com - Seniman grafiti asal Inggris ini selalu sukses menghasilkan karya yang dibicarakan dunia. Tiap kali ia update Instagramnya, @banksy, ia pasti menceritakan karya terbarunya yang dibuat tanpa ada yang tahu sebelumnya.

Karyanya selalu fenomenal karena nggak pernah lepas dari tema kritik. Bansky senang nyindir isu-isu sosial dan politik yang terjadi di dunia.

Selama 2018 ini, senggaknya sudah 3 karya yang ia kenalkan lewat akun Instagramnya dan langsung mendapat sorotoan dunia. Mari kita bahas satu per satu.

1. Draw The Raised Bridge

Karya ini ia bikin di Hull City Center, Inggris. Menampilkan gambar seorang bocah cowok yang memegan pedang dengan tambahan pensil di ujungnya. Ia memakai bakul nasi sebagai helm. Berpose duduk, bocah itu terlihat seperti sedang meneriakkan sesuatu. Di sampingnya, ada tulisan Draw The Raised Bridge.

Banyak yang menduga bahwa karya tersebut dalah bentuk protes Bansky terhadap Brexit atau British Exit.

Sayangnya, pemerintah setempat malah menghapus mural tersebut sementar mural lainnya yang ada di tempat yang sama dibiarkan.

2. Tikus Berlari Dalam Jam

Dalam pepatah, rat race itu berarti adalah cara hidup ketika orang-orang terjebak dalam situasi yang saling berkompetisi. Walau kelelahan, tapi mereka terus berlari di lingkaran yang sama.

Banyak yang menyebutkan karya yang dibuat Bansky di West 14th Street and Sixth Avenue, New York ini adalah kritik juga terhadap masyarakat yang berada dalam payung kapitalisme.

3. Free Zehra Dogan

Ini adalah karya Bansky yang paling baru. Ia membuatnya pada 15 Maret lalu di New York.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest