Follow Us

5 Tunggal Putra Indonesia Peraih Emas Asian Games Sebelum Jonatan Christie

Alvin Bahar - Rabu, 29 Agustus 2018 | 16:03
Jonatan Christie mendapatkan medali emas
Kompas.com

Jonatan Christie mendapatkan medali emas

HAI-ONLINE.COM - Bulutangkis jadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia karena selalu menyumbangkan medali dalam setiap perhelatan olahraga baik di level Asia Tenggara, Asia, bahkan dunia.

Pada Asian Games 2018, Indonesia mendapatkan dua medali emas dari dua nomor yaitu tunggal putra dan ganda putra.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie mendapatkan medali emas setelah mengalahkan pemain Taiwan, Chou Tien Chen, Selasa (28/8/2018).Keberhasilan Jonatan alias Jojo membuat Stadion Istora Senayan gegap gempita. Keriuhan juga terasa di jagad maya.

Terakhir, pada ajang Asian Games, nomor tunggal putra menyumbangkan emas pada Asian Games 2006 melalui Taufik Hidayat.

Setelah itu, pada Asian Games 2010 dan Asian Games 2014, pemain tunggal putra Indonesia belum berjaya.

Dalam sejarah Asian Games, selain Jonatan, tercatat lima pemain tunggal putra Indonesia yang pernah meraih medali emas. Siapa saja mereka?1. Tan Joe Hok 1962 (Jakarta, Indonesia)

Untuk pertama kalinya cabang bulu tangkis diikutsertakan dalam Asian Games dan Indonesia langsung mendominasi dengan meraih lima medali emas dari enam partai yang dipertandingkan.Salah satunya adalah tunggal putra yang dimenangkan Tan Joe Hok. Di babak final ia mengalahkan wakil Malaya (sekarang Malaysia), Teh Kew San yang meraih perak.Sementara posisi ketiga dimenangkan pebulutangkis Indonesia, Ferry Sonneville.

2. Ang Tjin Siang 1966 (Bangkok, Thailand)

Ang Tjin Siang yang kemudian berganti nama jadi Muljadi, memenangkan medali emas untuk Indonesia di cabang bulu tangkis tunggal putra di Asian Games 1966 di Bangkok, Thailand.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest