Follow Us

Mau Main Board Game Sambil Belajar Investasi? Cobain Deh Mainan Ini

Alvin Bahar - Kamis, 31 Mei 2018 | 14:25
Mau Main Board Game Sambil Belajar Investasi? Cobain Deh Mainan Ini

HAI-ONLINE.COM - Di waktu deket-deket akhir tahun ajaran gini, selagi ngisi gabut pasca-UAS, biasanya udah pada sibuk nih untuk nentuin berbagai macam ide buat acara perpisahan kelas. Ada yang ngasih usul wisata ke luar kota, ke luar pulau, atau bahkan hanya sekedar jalan-jalan di kota tempat kalian tinggal. Nah, tapi banyak juga yang memilih rumah salah satu anggota kelas untuk jadi tempat menghabiskan waktu terakhir kalinya sebelum mereka dipecah lagi jadi kelas yang baru. Ada juga sih yang cuma main board game aja bareng temen-temen. Gimana kalo kita belajar investasi? Melihat perkembagan saat ini semakin banyak pilihan yang ditawarkan untuk berinvestasi dengan karakteristik-karakteristik yang berbeda. Sebelum melakukan investasi pun kita dituntut untuk mengetahui jenis investasi apa yang cocok untuk kita karena setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dasar-dasar pengetahuan mengenai pasar modal emang udah kita dapatkan pada pendidikan formal tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA). Namun, informasi tentang tata cara dan pengetahuan berinvestasi pun juga dapat kita jumpai di mana saja seperti internet, sekolah umum, buku investasi, bahkan board game!

Cek: 5 Ide Permainan Yang Bakal Bikin Acara Perpisahaan Kelas Lo Makin Seru!

Yap, guna mempermudah pembelajaran mengenai Investasi jenis pasar modal, Stockastic menghadirkan permainan papan yang menyenangkan sekaligus meng-edukasi dengan memberikan pengalaman yang sesungguhnya sebagai penanam modal pada pasar modal. Data KSEI Menyebutkan, Jumlah investor pasar modal per-Juli 2017 mencapai 1.025.414 dengan 96% berasal dari investor lokal yang sebagian besar berusia 21 - 30 tahun sebanyak 25% dan berusia 31 - 40 tahun sebanyak 25%*.

Mengacu pada jumlah tersebut Jonathan selaku salah satu founder dari Stockastic ingin memperkenalkan permainan ini sebagai salah satu sarana dalam pembelajaran bermain saham, Inovasi ini diharapkan dapat mengajak masyarakat terutama dari kalangan anak muda untuk mengenal lebih baik cara bermain saham pada pasar modal.

Cek: Kenalan Yuk dengan 4 Pegulat Cewek Asia yang Kini Bergulat di WWE

“Saat ini, sudah cukup banyak metode pembelajaran yang di aplikasikan dalam sebuah permainan, Stockastic hadir sebagai salah satu permainan papan edukatif mengenai saham, selain itu Stockastic juga telah di rancang sedemikian rupa agar pemain dapat merasakan pengalaman yang hampir menyerupai kondisi pasar modal yang sebenarnya. Salah satu fitur yang terdapat Stockastic adalah Event Cards, sebuah komponen acak yang dapat mempengaruhi harga atau kinerja beberapa perusahaan dalam setiap rondenya” ujar Jonathan salah founder dari Stockastic.

Selain itu untuk membuat permainan papan ini semakin seru, terdapat juga komponen karakter yang membuat para pemain mempunyai peran dalam Stockastic!. Pilihan peran tersebut antaranya yaitu sebagai seorang pelajar, CEO, professional trader, dan lainnya.

“Kami sadar bahwa penanam saham di pasar modal sangat beragam, dan sifat dari masing-masing tipe penanam modal tersebut juga berbeda-beda, sehingga Kami ingin pemain juga bisa merasakan sensasi tersebut” lanjut dari salah satu founder Stockastic tersebut. Tertarik main board game sambil belajar investasi? Stockastic dapat di temukan melalui website www.stockastic.id, media social instagram (@stockastic), atau di toko buku Books & Beyond se-Jabodetabek.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest