Follow Us

10 Brand Sneakers Avant-Garde yang Harus Kamu Tau! Keren-keren ya!

HAI Internship - Rabu, 23 Mei 2018 | 18:15
10 Brand Sneakers Avant-Garde yang Harus Kamu Tau! Keren-keren ya!

HAI-ONLINE.COM - Pernah dengar istilah Avant-Garde? Atau mungkin ada yang lebih familiar dengan istilah Advance Guard?

Buat yang belum tau, “avant-garde générale” adalah istilah yang muncul di abad-19 di Prancis. Dulunya, Avant-garde berarti angkatan yang kuat berisi satu sampai tiga pasukan tentara barisan depan, tepat di belakang barisan kavaleri atau barisan tentara yang berperang dengan kuda (sekarang kavaleri artinya tentara yang bersenjata). Seiring berkembangnya jaman, istilah ini juga ikutan berkembang. Meskipun esensi awalnya adalah taktik dalam berperang, di abad-20 Monsieur Bonnal memberikan konteks yang lain terhadap istilah ini : les arts. Dilihat dari karya-karya seniman seperti Picasso dan Matisse, istilah Avant-Garde atau Vanguard memunculkan arti yang baru diluar kemiliteran. Tahun 1910, menurut Dictionary.com, istilah ini dipakai dalam dunia artistik sebagai kata untuk mendeskripsikan para pelopor dan inovator dari periode tertentu. Dalam dunia sneakers belakangan ini, mungkin lo pernah liat model sepatu yang nyentrik abis sampai kadang suka nggak kepikiran kok bisa ada orang yang punya ide bikin sepatu kaya gini. Udah banyak, loh desainer perintis model Avant-Guard yang menduduki barisan terdepan. Nih, kenalin 10 brand sepatu Avant-Garde yang memimpin dunia sneakers dengan modelnya yang unik!

ROMBAUT

Rombaut adalah brand sepatu karya desainer asal Belgia, Matt Rombaut. Berdiri sejak tahun 2013, model sepatu Rombaut mengkombinasikan konsep desain yang high-fashion tapi ramah lingkungan. Jenis sepatunya bermacam-macam mulai dari cowboy boots sampai combat running. Setiap sepatu dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan seperti kulit pohon, serat buah nanas, dan kulit jamur. Karena itulah rombaut disebut sebagai sepatu yang “ramah lingkungan.”

VISVIM

Suka sama model yang vintage tapi tetep nggak ketinggalan jaman? Tahun 2000, Hiroki Nakamura mendirikan brand sepatu Visvim. Tahun 2001, Visvim mengeluarkan produk bernama FBT (Fun Boy three) dengan model yang primitif. Di tahun itu, sepatu yang lagi tenar adalah model sepatu basket. Munculnya model sepatu ini membuat trend baru di masyarakat. Bahkan, artis seperti Kanye West, Eric Clapton, John Mayer, dan Pharrell Williams, pernah terlihat menggunakan sepatu ini. Sejak saat itu, Visvim terkenal karena modelnya yang oldies.

Cek: 5 Model Cantik Ini Ternyata Juga Berprofesi Sebagai Ilustrator PURLICUE

Apa yang muncul di otak lo waktu pertama kali liat model sepatu ini? Aneh? Nggak jelas? Purlicue mungkin memang sengaja untuk memproduksi model sepatu yang nyentrik dan unik. Seperti namanya, purlicue diambil dari bahasa Inggris Utara yang artinya jarak antara ibu jari dan telunjuk. nggak nyambung sama sekali, kan? Tapi mungkin memang itulah yang diharapkan. Model sepatunya dilapisi kulit bahkan hingga ke bagian solnya. Di desain secara cantik dan konseptual, sepatu Purlicue membawa model sepatu kets to the whole new level.

Y-3

Kalau kemunculan visvim itu fenomenal, kelahiran Y-3 mungkin bisa dibilang jadi cosmic event. Yohji Yamamoto, desainer asal Jepang awalnya bekerja untuk Adidas untuk limited edition sneakers, AW01. 2 tahun berikutnya, Adidas dan Yamamoto berkolaborasi melahirkan Y-3 yang sudah tampil di ajang Paris Fashion Week sejak tahun 2003. Yamamoto mengkombinasi gaya atletik dengan desain yang futuristik yang mencuri perhatian masyarakat. Sepatu yang terkenalnya adalah Qasa High, The Ayero, dan The Runner 4D.

DEMOBAZA

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest