Follow Us

Aneh tapi Nyata! 5 Kasus Kriminal Ini Berhasil Dipecahkan Cuma Lewat Internet

Ricky Nugraha - Kamis, 17 Mei 2018 | 20:00
Aneh tapi Nyata! 5 Kasus Kriminal Ini Berhasil Dipecahkan Cuma Lewat Internet

HAI.GRID.ID - Ide memecahkan masalah ala detektif amatir di waktu luang memang menarik.

Kemudian, internet muncul. Semua orang bisa berkomunikasi dan bisa menjadi sosok detektif online sewaktu-waktu. Hal-hal yang mereka lakukan pun berguna untuk membantu pihak berwenang menyelesaikan kejahatan.

Dari laptop yang dicuri hingga kasus pembunuhan dingin yang sudah berumur puluhan tahun, inilah yang dapat terjadi ketika orang biasa menggunakan internet untuk menyelesaikan kejahatan yang tidak bisa atau tidak diinginkan oleh polisi.

1. Ketika seseorang mencuri laptop, pemiliknya dapat menyalakan kamera laptopnya dan memberitahu internet siapa yang mengambilnya.

thisisinsider.com

Seorang pria mendapatkan laptopnya kembali berkat followers Twitter-nya.

Pada tahun 2011, konsultan web asal Kanada, Sean Power, dicuri tasnya saat berada di tengah-tengah penerbangan pulang ke Toronto.

Di dalamnya adalah MacBook Pro miliknya yang berharga.Empat hari setelah kejadian, alat pelacak gratis bernama Prey mengirimkan peringatan bahwa ada yang sedang menggunakan laptopnya di sebuah bar di Manhattan.

Bonus: aplikasi tersebut memberinya screenshot aktif dari laptopnya - dan kemudian menyalakan kamera laptop sehingga dia bisa melihat apa yang terjadi.Power, yang memiliki sekitar 12.000 followers Twitter pada saat itu, segera memberi tahu Twitter dan followers tentang kasus ini.

Karena Power tidak mengajukan laporan polisi, polisi tidak terlibat dalam hal ini.

Followers Twitter Power mampu mengembalikan seluruh isi tas tanpa insiden apapun.

Source : thisisinsider.com

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest