Follow Us

Ini Dia 5 Hal yang Membuat Rokok Bisa Bikin Puasa Kamu Berantakan

Alvin Bahar - Kamis, 17 Mei 2018 | 13:15
Ini Dia 5 Hal yang Membuat Rokok Bisa Bikin Puasa Kamu Berantakan

HAI-ONLINE.COM - Siapa sih yang nggak tau bahaya rokok? Nenek-nenek salto pun kayaknya tau bahaya barang ini. Tapi emang aneh banget, masih ada ada aja yang ngerokok! Plus, rokok itu bisa bikin puasa kita makin kacau. Penyebabnya ada di lima hal yang bakal kamu baca berikut ini:

1 - Bikin bau mulut makin parah

Kawasan Tanpa Rokok SMP Negeri 20 Padang
Rokok bikin bau mulut! Lo pasti udah sering baca di mana-mana kalo zat nikotin dalam rokok itu "sasaran tembak" utamanya saluran pernafasan dan paru-paru.

Sama kayak borok di kulit, saluran pernafasan dan paru-paru yang digempur sama zat nikotin juga keadaannya sebelas-dua belas dengan borok.

Nah, kalo lo perhatiin yang namanya borok, dari bentuknya aja udah nggak enak diliat kan? Apalagi baunya! Gitu juga dengan "borok" di saluran pernafasan dan paru-paru akibat zat nikotin ini, menebar aroma nggak sedap lewat nafas kita.

Urusan bau mulut gara-gara rokok makin parah lantaran zat nikotin juga punya efek lain: menyerap banyak cairan tubuh.

Cairan tubuh banyak diserap, ya jadinya dehidrasi alias kurang cairan. Kebayang dong gimana "tandusnya" tubuh kita? Udah kurang cairan lantaran 14 jam nggak makan dan minum, eh, cairan yang tinggal seemprit pake diserap pula sama sisa zat nikotin bekas ngerokok semalam.

Padahal, makin tandus tubuh, nafas jelas jadi makin bau! Wuaah, maleeeeeesss....

Baca Juga: Jangan Salah, Rokok dan Vape Itu Nggak Ada Bedanya, Sama-sama Jahat!

2 - Bikin kepribadian rusak

Rokok, Nikotin, dan Efeknya
Asap rokok yang mengandungan lebih dari 4.000 macam zat kimia, konon sangat mempengaruhi intelektualitas, memori, dan kepribadian kita.

Gangguan pada ketiga bidang ini terjadi lantaran zat nikotin mengakibatkan kerusakan pada otak (di bagian hermisfere serebi, bagian korteks/selaput luar otak, dan bagian hipokampus).

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest