Follow Us

Hati-Hati! Ternyata Ini Efek Kalau Sering Olahraga Malam-malam

- Senin, 30 April 2018 | 12:45
Ilustrasi olahraga malam hari
Hai Online

Ilustrasi olahraga malam hari

HAI-Online.com - Setelah pagi sampai sore sibuk sekolah atau kuliah, mau nggak mau olahraga biasanya dilakukan malam hari. Tapi, buat lo yang suka olahraga malam-malam perlu waspada nih. Meskipun olahraga mau kapan pun dilakukan itu sehat, tapi ternyata efeknya bisa berbalik merugikan kalau dilakukan larut malam.

Efek buruk yang terjadi itu berkaitan dengan jam biologis tubuh bro. Kalau terlalu malam, jam biologis tubuh bakal mengingatkan kita akan waktunya tidur. Nah, kalau kita memaksa olahraga malam-malam, perubahan "jadwal" itu bisa mengecoh jam biologis yang mengatur bagaimana tubuh berfungsi.

CEK JUGA NIH: Wajib Coba! Ini Dia Cara Para Superhero Marvel Membentuk Tubuhnya

Nih, dampak kesehatan yang bisa timbur karena suka olahraga malam hari

1. Berkurangnya daya tahan tubuh

Olahraga malam hari bisa bikin daya tubuh berkurang loh. Hal ini lantaran tubuh kehilangan banyak energi tanpa ada jeda yang cukup untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Apalagi, kalau lo melakukan olahraga yang tergolong berat atau butuh banyak tenaga. Daya tahan tubuh kita yang lemah itu pun bisa bikin rentan penyakit, contohnya flu atau demam

2. Gampang sesak napas

Lo tahu nggakk ternyata udara malam tuh mengandung oksigen yang lebih sedikit dibanding pagi atau sore. Nah, berolahraga saat kadar oksigen lingkungan sedang mimin bisa bikin kita gampang lelah dan kecapekan. Pasalnya nih, olahraga butuh banyak oksigen supaya pernapasan dan aliran darah ke jantung menjadi lancar. Kekurangan oksigen saat berolahraga ini bisa memicu sesak napas setelahnya

3. Sulit tidur

Waktu olahraga yang berdekatan dengan waktu tidur bikin kita malah jadi sulit tidur. Sebenarnya, ini bisa diatasi dengan nggak memaksakan olahraga terlalu berat.

Sebenarnya olahraga malam hari nggak dilarang. Kita disarankan tetap melakukan olahraga seperti biasa, tapi melambatkan ritme dan mengurangi intensitasnya sob. Olahraga malam hari dengan kecepatan daya lebih lambah bakal buat tubuh jadi mudah mengatur detak jantung, pernapasan, dan menjaga kadar hormon tetap normal.

Selain itu, jangan lupa pemanasan dulu ya dan pendinginan setelah berolahraga. Hal itu berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi dara, dan membantu mempersiapak tidur lebih nyenyak setelahnya.

Ada baiknya juga, lo buat perbandingan antara olahraga malam dan dampak ke tubuh bro.

Artikel ini pertama kali tayang di https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/27/184821620/apa-efeknya-bagi-kesehatan-kalau-sering-olahraga-malam-malam

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest