Follow Us

Sering-Seringlah Minum Air Hangat Untuk Mendapatkan 6 Kebaikan Ini

Rizki Ramadan - Senin, 16 April 2018 | 06:45
Khasiat dari meminum air hangat
Rizki Ramadan

Khasiat dari meminum air hangat

HAI-ONLINE.COM - Kebanyakan orang lebih suka air dingin daripada air hangat, alasannya sih simpel, seger. Terlebih lagi dikondisi cuaca Jakarta yang panasnya udah kayak musim panas di Eropa tapi bedanya, di Jakarta terjadi setiap hari.

Dibalik semua itu, tau nggak sih sob, kalau ternyata air hangat itu menyimpan lebih banyak kebaikan daripada air dingin yang mungkin saat ini sedang lo minum? Mau tau apa aja 6 kebaikan dari air hangat untuk tubuh? Langsung aja nih cek.

Meredakan hidung tersumbat

Air hangat akan menghasilkan uap panas yang ternyata baik untuk hidung yang sedang tersumbat. Menghirup uap ini sambil pelan-pelan meminumnya dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di rongga hidung, dan meredakan sakit kepala.

Manusia memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, meminum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh adanya penumpukan lendir.

Dokter dari New York, Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS mengatakan bahwa manfaat minum air hangat cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dibandingkan air dingin, sebab suhu yang tinggi akan mempercepat laju pengeluaran lendir.

Membantu kerja sistem pencernaan

Pada dasarnya air bagaikan pelumas untuk sistem pencernaan. Air akan melegakan dan memperlancar masuknya makanan hingga menjadi kotoran (feses).

Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa dalam tubuh yang sudah terpakai secara lebih optimal.

Apalagi, air hangat akan menimbulkan dengan efek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah bergegas menuju usus dan membantu proses pencernaan semakin lancar.

Bantu atasi nyeri

Dilansir dalam laman Medical News Today, manfaat minum air hangat lainnya adalah dapat memperlancar aliran darah karena air ini bersifat vasodilatator .

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest