Follow Us

Ternyata Ada Thor di Dunia Nyata yang Jadi Kunci Pemegang Keselamatan Manusia dari Kanker

Alvin Bahar - Senin, 02 April 2018 | 07:00
Bakal Ketemu Hulk!
Alvin Bahar

Bakal Ketemu Hulk!

HAI-ONLINE.COM - Dunia medis terus berupaya mencari cara melawan keganasan kanker, dan temuan terbaru dari Pusat Kanker Komprehensif Universitas Michigan berkata bahwa rahasianya berada pada THOR.

Jangan salah paham, yang dimaksud dengan THOR di sini bukanlah karakter fiksi dalam komik Marvel yang menggunakan palu ajaib dan petir untuk mengalahkan musuh-musuhnya.

THOR adalah sebuah gen yang baru ditemukan oleh para peneliti. Nama tersebut merupakan singkatan dari Testis-associated Highly-conserved Oncogenic long non-coding RNA.

Temuan ini bermula saat para peneliti menyelediki daerah genom yang belum dijelajahi sebelumnya. Mereka menemukan RNA non-coding yang Panjang (IncRNA). Nggak seperti asam ribonukleat khas, atau rantai sel RNA, lncRNA nggak diwujudkan ke dalam protein.

Rantai sel IncRNA telah ditemukan di sejumlah spesies, antara lain pada manusia, tikus, dan ikan zebra. Menurut para peneliti keberadaan IncRNA termasuk langka.

Meski telah lama ada, IncRNA nggak mengalami evolusi. Lantas, para peneliti berhipotesis sel ini penting bagi kehidupan manusia.

"Gen yang dilestarikan secara evolusioner kemungkinan penting untuk proses biologis. Fakta bahwa kami menemukan THOR sebagai IncRNA yang sangat terlindungi dari kerusakan itu menyenangkan, " kata penulis studi Arul Chinnaiyan, direktur Pusat Patologi Translasi Michigan dan seorang profesor patologi di Ilmu Kedokteran Michigan, seperti dilansir Newsweek pada Kamis (14/12/2017).

Kemudian, Chinnaiyan dan koleganya menyelidiki bagaimana THOR dapat terlibat dalam beberapa jenis kanker, terutama kanker paru-paru dan melanoma.

Penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Cell, kemarin, mengungkapkan bahwa saat THOR disingkirkan dari garis sel, pertumbuhan tumor pada ikan zebra melambat. Sel ikan zebra juga tumbuh dengan normal. Sebaliknya, saat THOR diberi terlalu banyak, tumor tumbuh dengan cepat.

"Sebagian besar yang kita uji nggak memiliki fungsi yang jelas seperti ini," kata Chinnaiyan.

Meski demikian, penelitian yang diujikan pada sel kanker manusia dan berbagai model hewan masih merupakan penelitian laboratorium dasar. Untuk itu, diperlukan penelitian lebih lanjut guna mengkonfirmasikan temuan sebelum diterapkan pada tata acara perawatan pasien.

Para peneliti juga mengeksplorasi hubungan antara THOR dan protein pengikat faktor pertumbuhan mirip insulin (IFGBs), yang diyakini dapat membantu menjaga agar RNA tetap stabil.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular