Follow Us

Yuk, Intip Hitungan Kasar Penghasilan Atta Halilintar Sang Youtuber Syariah

Agung Mustika - Jumat, 30 Maret 2018 | 10:15
Yuk, Ngintip Penghasilan Atta Halilintar
Hai Online

Yuk, Ngintip Penghasilan Atta Halilintar

HAI-Online.com - Yang kalo nemu Wi-fi gratisan langsung buka YouTube mana suara? Hehehe, emang udah bukan rahasia umum lagi kalo kegiatan nonton video dari YouTube udah jadi kebiasaan sehari-hari. Niat orang buka YouTube-an pun beragam. Ada yang pengen lihat vlog, denger lagu sambil nonton video klip, nonton prank dan macem-macem, deh.

Ngelihat banyak orang yang makin nggak bisa hidup tanpa YouTube, ternyata ngelahirin profesi baru. Yap, mereka yang akrab disebut YouTuber. Entah direncanain atau nggak, ternyata YouTube udah berkembang jadi industri tersendiri, lho.

YouTuber baik individu atau pun kelompok bikin video-video kreatif dan unik buat ditampilin di YouTube. Dan percaya nggak percaya, YouTube udah macam lahan mata pencaharian mereka.

Indonesia yang mana 51 % dari jumlah penduduknya adalah pengguna internet juga nggak lepas dari demam YouTuber. Salah satu yang terkenal adalah Atta Halilintar.

Cowok kelahiran Dumai, 20 November 1994 ini adalah anak sulung dari Gen Halilintar. Atta yang awalnya cuma iseng-iseng bikin vlog aktivitas Gen Halilintar, akhirnya bikin channel YouTube sendiri, attahalilintar. Cowok berdarah Minangkabau itu bikin konten yang beragam di channe l YouTube-nya. Mulai dari daily life, rap, prank, Q & A, gaming, dan macem-macem, deh.

Konten-konten yang dibikin Atta juga terbilang ringan dan menghibur. Cocok ditonton anak-anak usia SD sampai SMP. Yang mana banyak anak SD dan SMP udah melek banget sama yang namanya internet. Isi channel YouTube doi juga beragam. Nggak terfokus sama satu jenis konten. Jadi kelihatan banget apa aja juga diposting. Padahal kalo mau fokus di konten prank, channel Atta bakal punya ciri khas tersendiri.

Salah satu yang terkenal yaitu nge-prank cewek cakep di carwash kenalan Atta. Video social experiment ala Atta itu udah ditonton sekitar 5,7 juta viewers. Kalo dihitung kasarannya, nih, pendapatan dari satu video aja udah gede, lho.

Sederhananya, ada tiga jenis iklan yang muncul yang bisa jadi sumber income. Iklan yang muncul sebelum video, yang disebut “In- Stream Ads”, di pojok kanan atas browser yang disebut “Display Ads”, dan yang ada di bawah video, “Overlay Ads”. YouTube dan YouTuber dapat uang setiap ada yang melihat iklan- iklan dalam video itu.

Sistem yang digunakan buat ngitung jumlah pemasukan dari iklan ini adalah CPM, atau Cost Per Mille. Artinya, nilai iklannya bakal dibayar per 1.000 view video itu. Artinya 1 dollar AS CPM nunjukin pengiklan bakal bayar 1 dollar AS buat setiap 1.000 view iklan itu di video lo.

Kalo dihitung-hitung, video Atta nge-prank cewek matre di carwash itu udah mencapai 5,7 viewers. Dikali 13.700 rupiah dengan sistem CPM, pendapatan video itu mencapai sekitar 78,5 juta rupiah! Hasil itu juga bakal dibagi oleh pihak YouTube, 45 % buat YouTube dan 55 % buat Atta. Berarti doi bakalan dapet sekitar 48 juta.

Itu baru satu video prank-nya. Belum banyak daily vlog yang doi bikin. Rata-rata daily vlog atau Q & A yang doi bikin udah punya viewers sekitar 2,7 juta. Satu daily vlog yang Atta bikin aja itu udah sampai pendapatan 37 juta rupiah. Sedangkan video yang udah dia bikin ada 233 video.

Jumlah video 233 dikali sekitar 37 juta rupiah, deh. Udah berapa hayoo? Bisa dapat 8,4 miliar. Dibagi sama pihak YouTube, pendapatan bersih yang doi bakalan didapat sekira 4,5 miliar! Hehehe, bisnis ternak lele bisa kalah dalam sehari, nih, penghasilannya.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest