Follow Us

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Tips Memilih Helm yang Tepat untuk Kepala Kita

- Jumat, 23 Maret 2018 | 13:00
Helm Barong
Hai Online

Helm Barong

HAI-Online.com - Bagi lo yang sering berkendara dengan motor atau nebeng teman,wajib hukumnya untuk selalu pakai helm. Eh, tapi pilihan helm lo itu udah tepat belum? Jangan-jangan malah kurang dari segi pengamanannya lagi. Nih, HAI kasih tahu tips memilih helm yang tepat buat lo.

Beragam model helm memang banyak banget di pasaran. Harganya pun variatif tergantung seperti apa helm tersebut. Dilansir dari Kompas.com, menurut Dani Sena dari Toko Helm Ku Pangeran Jayakarta ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli helm.

CEK JUGA NIH: Ini Dia 15 Fakta dari Desain dan Kenyamanan Mitsubishi Xpander

1. Standar mutu

Ini sih udah pasti ya sob. Cari helm yang minimal sudah lulus uji SNI ya. Hal ini bakal ngaruh loh ke segi keamanan helm untuk kepala lo. Jadi, nggak sekadar karena desainnya bagus aja ya.

2. Kenyamanan

Sebelum fix beli helm, pastikan lo telah mencoba helm tersebut dulu. Coba deh sempatkan untuk menggunakan helm itu dan rasakan bahan yang dipakai. Kira-kira apakah nyaman atau nggak bro helm itu. Kalau nggak, ada baiknya pilih yang lain. Pasalnya kan lo bakal pakai helm itu sepanjang waktu ke mana-mana. Apalagi bahan berkualitas penting untuk menentukan perlindungan kepala juga saat nantinya ada kejadian terburuk, misal jatuh. Pilih deh helm yang memang mantap dan mampu sekiranya melindungi kepala lo.

3. Ada liner

Pilih helm yang punya liner atau bagian dalam yang dapat dilepas juga ya.

"Liner yang dapat dilepas ini membuat perawatan lebih mudah. Dapat dicuci saat diperlukan dan dapat diganti saat membutuhkan penggantian," tambah Dani.

Umumnya, liner itu sendiri bisa bertahan dua sampai tiga tahun. Harganya berkisar dari Rp150.000,00

Intinya sih ya bagaimana helm itu mampu semaksimal mungkin melindungi kepala lo, bukan semata-mata menghindari tilangan polisi ya. Yuk budayakan pakai helm berkualitas mulai dari sekarang, meskipun cuma berkendara dengan jarak yang dekat.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com, dengan judul artikel Banyak Pilihan, Bagaimana Memilih Helm yang Tepat?

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular