Follow Us

5 Fakta Tentang Student Loan, Ide Jokowi Agar Mahasiwa Bisa Kredit Biaya Kuliah Dan Bayar Setelah Dapat Kerja

Rizki Ramadan - Senin, 19 Maret 2018 | 09:30
(Ilustrasi) Student Loan
Rizki Ramadan

(Ilustrasi) Student Loan

HAI-online.com - Pak Jokowi punya ide yang seru, nih, guys. Ide tersebut adalah agar tiap bank membuka program student loan atau pinjaman pelajar

Eits, sebelum berpendapat lebih jauh, kita pahami dulu yuk program ini. Simak!

Ide Sudah Disampaikan Ke Para Bos Bank

Yap, ide sudah disampaikan presiden saat bertemu bos-bos perbankan Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (15/03) lalu.

Di pertemuan itu, awalnya Jokowi nyindir para bos tentang pertumbuhan kredit di tahun 2017 yang nggak sampe target. Terus, Pak Jokowi minta bank bikin program baru ini.

"Saya ingin memberi PR kepada bapak ibu sekalian. Dengan yang namanya student loan atau kredit pendidikan," kata Jokowi dikutip Kompas.com

Mengacu Pada Sistem Pendidikan Negara Maju

Pak Jokowi melihat sistem pendidikan Amerika Serikat. Di sana, pinjaman bank tuh justru banyak dipakai untuk dana pendidikan, bahkan sampai 1,3 triliun dollar AS

"Kalau di negara kita bisa seperti ini, yang konsumtif akan pindah ke hal-hal yang produktif. Nantinya juga akan memberikan nilai tambah pada intelektualitas, visi ke depan yang sangat basic, yaitu bidang pendidikan," ujar Jokowi.

Dengan begitu, kredit yang diajukan masyarakat Indonesia bisa berubah trennya. Bukan untuk sesuatu yang konsumtif belaka tetapi juga produktif.

"Dan memberikan nilai tambah kepada intelektualitas, visi kita ke depan yang sangat basic yaitu bidang pendidikan," ujar dia.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest