Follow Us

Bisnis Itu Bukan Cuma Jualan! Ini 3 Hal Yang Kerap Diabaikan Pebisnis Baru

Dok Grid - Senin, 25 Maret 2024 | 10:44
bisnis online, yuk!
Rizki Ramadan

bisnis online, yuk!

HAI-online.com - Sekarang ini, untuk memulai jualan atau bisnis itu gampang banget. Kamu nggak mesti membuat produk sendiri bahkan, kamu bisa menjadi reseller produk-produk brand yang sudah lebih dulu besar.

Tapi, bisa berbisnis sekaligus berkarya dengan menjual produk hasil inovasimu sendiri tentulah ada nilai plusnya

Sekarang kita juga sangat dimudahkan dengan adanya market place kayak Tokopedia. Nggak perlu sewa ruko lebih dulu, kita udah bisa menjajakan produk ke banyak orang.

Well, sebagai pebisnis yang baik, kita harus bisa membuat bisnis kita bertahan lama dan punya value yang baik di mata masyarakat dong pastinya? karena itu, ada sejumlah hal yang perlu kita perhatikan. Biasanya, sih, dilupakan nih sama pebisnis pemula, apalagi yang udah laku banyak.

1. Cuma Puas Dengan Penjualan Produk, Lupa Membesarkan Brand

Yap, bisnis itu bukan cuma laku atau nggaknya produk kita, tetapi juga gimana produk kita diomongin sama masyarakat. Karena itu, memelihara dan membesarkan brand itu penting banget.

William Thanujaya, founder Tokopedia, bilang bahwa di marketplace yang ia bikin, sudah ada 2,7 users yang berjualan. William ingin semua pebisnis juga fokus pada pengembangan brand.

"Jadi, sebaiknya fokusnya tuh bukan hanya dagang tetapi juga menjadi brand nasional. Awalnya adalah usaha (berjualan), lalu setelah besar jadi Industri, terus jadi brand nasional," kata William di sesi konferensi pers Maker Fest pada Jumat (16/03) pagi ini.

Lizzie Parra, pengusaha muda yang bisnis kecantikannya kini sudah besar, juga mengingatkan pentingnya sebuah brand.

"Brand itu kekuatan dari produk," kata Lizzi di acara yang sama.

Yap, misalnya nih, lo udah jualan jaket dan laku banget di temen-temen lo. Langkah yang perlu lo tempuh adalah membuat bisnis lo jadi lebih rapih dan besar.

Lo mesti bikin struktur organisasi sesuai kebutuhan lo, terus melakukan pemasaran dan promosi, deh. Butuh modal juga emang untuk promosi itu, tapi worht it banget, bro!

2. Bisnis Sekadar Berdasarkan Gambling Tanpa Banyak Planning

Yang satu ini diingatkan oleh Lizzi. Nasihatnya bakal relevan banget untuk lo para pebisnis muda yang memulai bisnis sekadar ngikutin instuisi dan obsesi saat dapet ide.

Editor : optimization

Baca Lainnya

Latest